Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

11 Februari 2008

Mounting Removable disk

Banyak pertanyaan gmana cara memount removable disk yang tidak ditangani secara otomatis oleh para distro (seperti slackware). Selain pertanyaan bagi yang tidak tahu gmana caranya, juga terkadang ada sedikit kesulitan atau wasting time untuk memount secara manual..

Kalo secara manual, kita hrus menyiapkan folder tujuan, memount secara manual dengan menghapal segala perintah dan opsi-opsi nya sesuai filesystem. Memang bagus buat menghapal sintax dan opsi setiap file system... Tapi kadang ngerepotin.

Berhubung Gw dah sedikit ngerti gmana cara memount removable disk, dan ditambah lagi Gw sedang mendalami shell programming... maka kenapa gak bikin program kecil yang sedikit membantu pekerjaan itu?? Sekalian menerapkan pemrograman Shell :)

Berawal dari pemikiran diatas maka Gw bikin sebuah program yang dah Gw tes di Slackware 12 di Laptop Thinkpad R60e Gw. pada intinya hanya sedikit mempermudah untuk tidak perlu membuat folder khusus dan menghapal opsi-opsi setiap filesystem. Tapi berhubung Removable disk yang nyolok ke port USB laptop Gw cuma punya 2 jenis filesystem (FAT32 dan NTFS) maka program yang Gw buat hanya untuk file system itu.

Program yang Gw bikin, terdiri dari 2 File. Yang satu namanya .mountgw, ini buat mounting sedangkan yang satu lagi namanya .umountgw. pada prinsipnya, proses yang dilakukan pada file .mountgw adalah membuat folder di /mnt dengan nama: [filesystem][device]. Jadi kalo yang mau dimount ada di /dev/sdb1 berfilesystem ntfs, maka folder yang dibuat adalah /mnt/ntfsb1.

Setelah membuat folder, maka .mountgw akan memount device ke folder itu dengan opsi sesuai filesystemnya:
1. ntfs: rw,umask = 0000, nouid
2. fat: rw,umask=0000
Tapi sebelumnya, Folder yang dibuat diubah permissionnya jadi 777.

Berhubung perintah mkdir di folder /mnt dan mount hanya dapat dilakukan oleh root, maka pada awal program Gw kasih checking user. bila yang menjalankan adalah user selain root, maka program akan menjalankan program .mountgw baru yang dilakukan oleh root. Hal ini Gw lakukan dengan memberikan perintah "su":
su -c "mountGw $1 $2 $3"
tapi untuk distro yang menggunakan sudo, bisa diganti dengan:
sudo mountGw $1 $2 $3

Untuk file .umountgw, program akan me-umount device lalu menghapus folder yang digunakan. Sama seperti file .mountgw, .umountgw juga melakukan pengecekan user diawal program.

Bagi yang memerlukan atau ingin mencoba program bikinan Gw, bisa di donlot di:
.mountgw = http://www.4shared.com/file/37208538/b1932be6/mountgw.html
.umountgw = http://www.4shared.com/file/37208537/212c3677/umountgw.html

Gw tunggu loh masukan, kritik, saran dan caciannya :) Oh iya untuk menggunakannya, kopi file .umountgw dan .mountgw ke direktori HOME anda (~), kemudian buat link di PATH (mis: /usr/bin) :
mountGw -> ~/.mountgw
umountGw -> ~/.umountgw
Jangan lupa perhatian huruf besar kecilnya...

Dah ah.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

2 komentar:

  1. Eh, mas ada pertanyaan awam nih, gimana cara mainkan mp3 di IGOS? mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. IGOS itu dari fedora kan ya?
    Mas make apa untuk playernya? kalo XMMS, Coba install XMMS dan install juga XMMS-MP3 nya..

    yum install xmms xmms-mp3

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):