Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

28 Februari 2008

Partisi Hdisk Teman Tak ter-detect

Baru berapa hari kemaren gw posting gmana mencegah agar partisi Windows gak rusak saat menghapus OS linux, eh hari ini temen Gw yang laen dateng dengan hardisk yang rusak juga. Tapi kali ini bukan karena masalah dual booting, Hdisk ini rusak karena kipas laptop mati tanpa disadari hingga mengganggu jalannya OS (Windows) dan akhirnya Hang deh tuh Windows.

Coba - coba untuk menganalisa hardisknya, gw kopi dulu beberapa sector awal dari hardisk itu (pakai perintah dd ) ternyata Partition table pada MBR hardisk telah rusak. berikut MBR nya


yang di blok itu partition tablenya... kacau kan?

Pengin coba ambil MBR partisi Windowsnya, tapi dipikir-pikir kan tabel partisinya beda, berarti Gw musti bangun tabelnya sendiri. Berhubung Gw tahu ada 2 partisi NTFS di hardisk itu, berarti gw musti nyari partisi NTFS, tentuin Cluster sector awal dan akhir, serta 4 byte awal. Wah report juga, kan HDsiknya 40GB (kalo floppy yang 1.4 MB mungkin masih mending, tinggal read pake dd jadiin file trus dianalisa, kalo 40 GB......)

Gw bilang ke temen Gw "Coba pake File Scavenger dulu, mungkin datanya masih bisa diselamatkan. Tapi nanti OSnya di Instal Ulang...". berhubung temen gw sudah pasrah.. maka, ketika Scavenger dicoba, ternyata masih bisa di backup semua datanya, nanti kalo udah dibackup... baru diformat ulang.

Tapi intinya... Gw jadi penasaran, bisa gak ya gw nemuin MBR Partis di hradisk, dan menganalisanya untuk kemudian membangun kembali MBR Hardisknya. Mungkin nanti kalo ada waktu luang, saya akan mencobanya... (Ntar Gw posting dah hasilnya).

Tambahan Setelah Posting:

Dapet dari Wikipedia
When a partition is deleted, in general, only its partition table entry is removed from a table; and although the data is no longer accessible, it still remains on the disk until being overwritten. Specialized recovery utilities, (such as TestDisk and gpart), can locate lost file systems and recreate a partition table which includes entries for these recovered file systems.

Dapet dari http://www.webtree.ca/windowsxp/repair_xp.htm (disitus ini juga banyak tips-tips memperbaiki WinXP)
Ini ada solusi baru (tapi sayangnya belom dicoba, soalnya hdisknya udah gak kedetect lagi. Tetapi kayaknya masih bisa buat solusi)... bisa juga untuk memperbaiki windows yang gak bisa loading dengan pesan error ntldr corrupt/missing. Booting Dengan CD windows, dan salin file NTLDR dan file NTDETECT.COM ke C:\ . Dan untuk memperbaiki MBR nya, jalan kan perintah Fixboot, dan jawab "y". Posting aslinya:

...

How to Repair the Boot Sector:
If XP won't start it may be due to a damaged boot sector or a missing or corrupt ntldr or ntdetect.com files.


To replace damaged ntldr and ntdetect.com you can copy fresh files from the XP CD using the COPY command. Boot with the XP CD and enter the Recovery Console (as above). At the Command Prompt type the following (where "X" is your CD-Rom drive letter) allowing the files to overwrite the old files
COPY X:\i386\NTLDR C:
COPY X:\i386\NTDETECT.COM C:

To repair a damaged Boot Sector at the command prompt type FIXBOOT and press Enter. Then answer "Y"

...

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

4 komentar:

  1. kalo udah dapet caranya kasih tau yah gan...

    Adang.wordpress.com

    BalasHapus
  2. mas punya lisensi kodenya gak, boleh minta gak, tolong mas plis bgt soalnya data skripsi saya ke format. mau beli online gak punya uang alias lagi bokek, 1 minggu lagi saya ujian kalo bersedia kiranya dapat di kirimkan ke email saya : rizal_sadict@yahoo.com

    trims

    BalasHapus
  3. @adang
    sip mas, tapi kayaknya ada masalah baru nih... Hdisknya dah gak k detect lagi. Kayaknya karena kepanasan sehingga merusak hardisknya.

    @rizal
    Sorry mas... saya gak bisa kasih... maaf ya. (alasan HAKI)

    BalasHapus
  4. Sukron Katsiron. Terima Kasih

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):