Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

04 Februari 2008

Yakuake (drop-down Terminal) di Slackware

Karena seringnya gw maen konsole di slackware, senior gw nyaranin buat make yakuake. Awalnya Gw bingung, apaan sih yakuake? (walaupun pernah denger), tapi langsung aja gw cari apa tuh yakuake. Gw tanya di linuxpackages (kumpulan package slackware). Ternyata ada package yakuake yang udah siap install di slackware. Tanpa pikir panjang, langsung donlot n install.

Sedikit mempelajari dan mengkonfigurasi, mulai dari tampilan, shortcut, dll. eh ternyata ada sedikit masalah di bash environtmentnya. Di Shel nya masih tertulis:
bash3.1#
Padahal seharunyakan:
Gw@GandisLap# --> (user@Komp_name)
Kebingungan penyebabnya, Gw baca2 help, milis, doc, dan tutor yakuake (on/Offline). Tapi gak ketemu juga tuh... Padahal kalo di Ubuntu, yakuake langsung bisa ngikutin environtment shell kita.

Gw cek file di ~/.kde/share/config/yakuakerc, gak ada settingan buat environtment shell. Terus gua inget waktu dulu coba-coba Bikin LFS , buat ubah environtment cukup kasih perintah:
bash --login +h
sekarang Gw coba, tapi tanpa option +h karena gw gak butuh option itu, dan berhasil. Tapi masa setiap buka "shell baru" musti ketik perintah diatas dulu sih? Sedikit frustasi, gw coba iseng-iseng liat manual Bash (man bash), ternyata environtment shell disetting di /etc/profile, ~/.bash_profile, ~/.bashrc (urutan n keterangan lain, baca di man bash). langsung dah gw periksa tiga file itu....

Pada file pertama, no problemo... tapi dua file terakhir (terutama ~/.bashrc yang akan dijalan kan oleh non login shell) gak ada di direktori home Gw. Pusing punya pusing gw bingung, gmana konsole bisa baca environtment kalo gak ada file bashrc? Gw bikin aja file ~/.bashrc sendiri, trus gw isi:
bash --login

Setelah Gw restart yakuake, selesai lah masalah.....

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):