Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

21 Mei 2008

DualHead (Extended-Dual Monitor) di Thinkpad R60e (Lanjutan)

Setelah 2 minggu gw janji mo nulis cara Dualhead/monitor di Laptop Thinkpad R60e dengan Slackware terinstall, akhirnya sempet juga nulis :D. Jangan salahin Gw kalo Gw gak tulis2 caranya, soalnya gak sempet (alasan aja sih.....). Sebelum masuk kemasalah, spesifikasi VGA laptop Thinkpad R60e Gw (hasil dari perintah lspci):
00:00.0 Host bridge: Intel Corporation Mobile 945GM/PM/GMS, 943/940GML and 945GT Express Memory Controller Hub (rev 03)
00:02.0 VGA compatible controller: Intel Corporation Mobile 945GM/GMS, 943/940GML Express Integrated Graphics Controller (rev 03)
00:02.1 Display controller: Intel Corporation Mobile 945GM/GMS, 943/940GML Express Integrated Graphics Controller (rev 03)
00:1b.0 Audio device: Intel Corporation 82801G (ICH7 Family) High Definition Audio Controller (rev 02)
....
....
Jadi, laptop Gw vga-nya make Intel 945...

Gw sempet nyoba pake xinerama dengan menambahkan Option "xinerama" "true" di section serverflag, tapi gak berhasil. Oh iya, sebelumnya gw dah berhasil nyetting dual monitor dengan tampilan yang sama pada tiap monitornya, caranya gampang.... Cukup bikin section screen, monitor, ma device (masing2 2 section). Masalahnya, yang Gw mau itu tampilan di dua monitor beda-beda, dan bisa mindahin window dari monitor satu ke yang lainnya.

Sebetulnya caranya gak sengaja, waktu gw lagi dualmonitor dengan tampilan yang sama, trus gw jalanin xrandr, gak taunya bisa di setting langsung dari xrandr. nah untuk membuatnya jadi default , kita musti setting difile /etc/X11/xorg.conf. settingan xorg.conf Gw:

Section "ServerLayout"
Identifier "X.org Configured"
Screen 0 "Screen0" 0 0
InputDevice "Mouse0" "CorePointer"
InputDevice "Keyboard0" "CoreKeyboard"
EndSection

Section "Files"
RgbPath "/usr/share/X11/rgb"
ModulePath "/usr/lib/xorg/modules"
FontPath "/usr/share/fonts/TTF"
FontPath "/usr/share/fonts/OTF"
FontPath "/usr/share/fonts/Type1"
FontPath "/usr/share/fonts/misc"
FontPath "/usr/share/fonts/75dpi/:unscaled"
EndSection

Section "Module"
Load "dbe"
Load "extmod"
Load "glx"
Load "record"
Load "GLcore"
Load "dri"
Load "xtrap"
Load "type1"
Load "freetype"
EndSection

Section "InputDevice"
Identifier "Keyboard0"
Driver "kbd"
EndSection

Section "InputDevice"
Identifier "Mouse0"
Driver "mouse"
Option "Protocol" "auto"
Option "Device" "/dev/input/mice"
Option "ZAxisMapping" "4 5 6 7"
EndSection

Section "Monitor"
Identifier "Monitor0"
EndSection

Section "Monitor"
Identifier "Monitor1"
Option "LeftOf" "monitor0"
EndSection

Section "Device"
Identifier "Card0"
Driver "intel"
VendorName "Intel Corporation"
BoardName "Mobile 945GM/GMS/940GML Express Integrated Graphics Controller"
BusID "PCI:0:2:0"
Option "Monitor-VGA" "monitor0"
Option "Monitor-LVDS" "monitor1"

EndSection

Section "Screen"
Identifier "Screen0"
Device "Card0"
Monitor "Monitor0"
DefaultDepth 24
SubSection "Display"
Viewport 0 0
Depth 1
virtual 2560 2560
EndSubSection
SubSection "Display"
Viewport 0 0
Depth 4
virtual 2560 2560
EndSubSection
SubSection "Display"
Viewport 0 0
Depth 8
virtual 2560 2560
EndSubSection
SubSection "Display"
Viewport 0 0
Depth 15
virtual 2560 2560
EndSubSection
SubSection "Display"
Viewport 0 0
Depth 16
virtual 2560 2560
EndSubSection
SubSection "Display"
Viewport 0 0
Depth 24
virtual 2560 2560
EndSubSection
EndSection

Section "DRI"
Group 0
Mode 0666
EndSection


Settingan yang Gw warnain merah itu yang mempengaruhi supaya bisa dualhead :D

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

3 komentar:

  1. mau tanya nih gan:
    1.cara ganti setingan xorg.conf
    2.terus setelah itu apalagi commandnya

    oiya ane dah posting juga di forum sebelah mengenai detail resolusi dan tampilan yang sekarang, mohon di check dulu gan di TKp

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=407638508&posted=1#post407638508

    BalasHapus
  2. Gw coba jawab sebisa Gw yah:
    1. Ganti setingan xorg.conf sama aja ama edit file teks, hanya saja harus sebagai root. kalo mau edit dari Command line, bisa pake:
    "sudo vim /etc/X11/xorg.conf"

    atau kalo mau pake yang ada tampilannya (GUI) bisa pake kwrite (di KDE) atau gedit (di GNome) atau editor lainnya. kalo mau make kwrite, di command line bisa ketik:
    "sudo kwrite /etc/X11/xorg.conf"
    kalo mau make gedit:
    "sudo gedit /etc/X11/xorg.conf"

    Oh iya, kalo gak termasuk sudoers, bisa ganti "sudo" dengan "su -c" tapi harus tahu password root. Kalo di Slackware, defaultnya, user itu bukan sudoer, kalo di ubuntu defaultnya setiap user itu sudoer.

    2. Gw bingung nih sama pertanyaan kedua, langsung Gw jawab di kaskus aja yah. (ID kaskus Gw: labakus)

    BalasHapus
  3. udah ane coba gan, berhasil tapi tidak memuaskan hasilnya...resolusi nya terlalu kecil.

    apakah ada alternatif lain atau sudah maksimal dengan resolusi segitu, ):):

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):