Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

10 Februari 2009

XMMS + Pidgin Message

Sewaktu make KDE, Gw selalu make KOPETE buat chatting (Ada yang KO JENGKOL gak ya?), nah fitur yg paling Gw suka itu... Waduh Lupa Namanya Gw... pokoknya yang berfungsi menambah message pada status kita dengan Judul lagu, penyanyi, genre, pokoknya apa aja deh info yg ada di lagu yg lagi dimainkan di Amarok (Nah lo, Kalo "Ama Celana" ada gak ya?); dan itu selalu berubah sesuai dengan perubahan lagu yg dimainkan di Amarok (Halah ama Rok lagi, Ama Celana aja napa, Gw kan Cowo).

Sekarang, berhubung ada masalah dengan KDE Gw dan Gw pikir gw gak sempet ngoprek (pasti alasan doang nih), Gw mencoba WM lain, dan gw milih Fluxbox. Awalnya sih asyik2 aja, Dunia serasa berputar sesuai teori. Tapi tak disangka tak dinyana, Ternya Dunia tidak berputar tepat 365 hari setahun. Gw kepincut ama tampilan/skrinsut WM fluxbox make conky+console embeded ke desktop, ditambah lagi tampilan yg bisa transparan; mulai dah jiwa bengkel Gw keluar, ngotak-ngatik lagi deh... (Woi kok ceritanya gak sesuai Judul sih? pembukaan kok sampe 2 paragraf)

Karena keasyikan ngoprek, akhirnya merambat ke aplikasi lain juga deh, semua serasa teriak di telinga minta dioprek (Ntar dulu, tadi masalah conky+console embed+transparan Gmana?). Untung saja masalah conky+console yg embed di desktop dah beres, apalagi kalo cuma masalah transparan (Yah... yah... yah... Sombongnya Kumat). Salah satu aplikasi yg gw oprek adalah XMMS+Pidgin.(nah mulai nyambung lagi nih, emang dasar Gw aja yg gak sabaran kali ya :P)

Inget punya inget, otak Gw kembali ke masa2 Amarok+KOPETE (Yah, brarti dah gaka ada Otak di kepala dong). Gw pengin supaya message di status gw di Pidgin (kebanyakan di) bisa selalu ditambah ama info lagu yg lagi gw dengerin di XMMS (aplikasi apaan nih? buat ngirim MMS? kok bisa dengerin lagu?). KOPETE dan Plugin itu IM client buat berbagai Protokol, mo yahoo mess, google talk/jabber/xmpp, gadu2, IRC, dll ah. nah kalo AMAROK+XMMS itu audio player, kalo buat Gw lebih berfungsi sebagai MP3 player doang (Oh iya, dengan penuh penyesalan, Gw mo minta maaf ama para penyanyi yg MP3nya ada di laptop Gw... Gw blom bisa beli MP3 asli kalian... maaf ya ini masih bajakan, minta, rekaman, atau malah nemu).

Gw mulai nanya2 ama dukun (BACA: Google.com; red) tentang gemana caranya, apa aja yg diperluin, n apakah bisa Gw nambah message tentang info2 lagu yg lagi Gw maenin di XMMS ke statusnya Pidgin. Banyak sih plugin yg bisa dipake (Catatan gw gak nanggung itu bisa apa gak, soalnya Gw sendir blom nyobain, bahkan satupun blom). tapi di tengah2 donlot tuh plugin Gw searching lagi, n nemuin kalo ternyata kita bisa make fasilitas pidgin dan XMMS yang udah builtin tanpa make plugin.

tapi ternyata gak semudah itu digunain di Fluxbox, soalnya purple-remote make bus sesi bukan bus system, tapi Gw nemu juga caranya. maka, Gw otak-atik lagi deh tuh .xinitrc. dibagian akhi Gw rubah
exec /usr/bin/startfluxbox

jadi
exec /usr/bin/dbus-launch /usr/bin/startfluxbox

supaya fluxbox punya bus sesi. Sehingga purple-remote bisa berkomunikasi ama idgin.

Tapi Blog tadi, cuma ngasih tau buat ganti message (ganti tuh maksudnya replace) bukan nambahin (nambahin itu maksudnya append). Mulai dah kembali bakar menyan dan mengucap jampe-jampe, sampai ketemu beberapa situs yang akhirnya menginspirasi Gw buat bikin script sendiri. Situs-situ utama yang menginspirasiin Gw itu situs tentang amarok+pidgin make dcop; ama sourcenya purple-remote.

Ok ini nih codenya:
#!/usr/bin/bash
CurrentStatusIndexGw=`purple-remote "PurpleSavedstatusGetCurrent"`
CurrentStatusMessageGw=`purple-remote "PurpleSavedstatusGetMessage($CurrentStatusIndexGw)"`
BaseStatusMessageGw=`echo $CurrentStatusMessageGw | cut -d'(' -f1`
NewStatusMessageGw="$BaseStatusMessageGw$1"
purple-remote "setstatus?message=$NewStatusMessageGw"
Ok kita bahas satu2 ya...

#!/usr/bin/bash

Gak usah dibahas ya... (yah.. bahas dong) tapi ya udah deh, ini maksudnya bahwa aplikasi ini butuh intrepeter, yaitu /usr/bin/bash. untuk mengeksekusi data di dalamnya.

CurrentStatusIndexGw=`purple-remote "PurpleSavedstatusGetCurrent"`

Nah kalo yang ini maksunya ngambil message yg sekarang penjelasan masing masing bagiannya:
CurrentStatusIndexGw= <- buat masukin nilai ke variabel yg di belakang '=' (CurrentStatusIndexGw) `purple-remote "PurpleSavedstatusGetCurrent"` <- nah ini buat jalinin aplikasi purple-remote untuk ngambil nomor status secakarang. tanda "`" diawal ama akhir, itu maksudnya harus dijalankan oleh intrepeter. Nah kalo PurpleSavedStatusGetCurrent itu fungsi di pidgin buat dapetin nomor status saat ini, Gw taunya dari liat source purple-remote n duga-duga (wih lucky dugaaanya bener).

CurrentStatusMessageGw=`purple-remote "PurpleSavedstatusGetMessage($CurrentStatusIndexGw)"`

ini buat ngambil messagenya, penjelasan sda (sama dengan diatas maksudnya)

BaseStatusMessageGw=`echo $CurrentStatusMessageGw | cut -d'(' -f1`

ini buat ngambil kata2 sebelum karakter '('; buat penjelasan lebih lanjut, baca man aja ya.

NewStatusMessageGw="$BaseStatusMessageGw$1"

yang ini buat padding, message sebelumnya dengan data lagu yang di kirim lewat command argument oleh xmms.

purple-remote "setstatus?message=$NewStatusMessageGw"

Bagian ini gak gw bahas, kan dah dibahas diblog orang laen. Sudah deh tinggal edit plugin "shong change" di xmms; caranya pilih preference->General Plugins->aktifkan (enable) plugin "song change". terus pilih Configure, terus di field xmms start (kok banyak amat "terus"nya?) isi dengan
/path/lengkap/dari/changeMessage " (sembari dengerin %s)"
ok sekarang tinggal nyoba deh

P.S Sorry kalo tulisannya, link, atau lainya ada yg salah, ngatuk abis nih.....
kalo sempet Gw edit lagi nanti.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):