Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

23 Maret 2009

BATASI AKSES DATA DI FB ANDA

Beberapa temen ada yang menanyakan, kenapa Gw bikin akun di FB (terbilang menurut dia Gw sedikit parno kalo masalah digital). Sebetulnya Gw sempet mikir, mungkin gak perlu Gw lanjutin tuh FB (dalam artian buka2 FB, liat2 foto temen, ngasih komen DLL), cukup Gw jadiin pintu gerbang yg terpasang tombol BEL. Gw tinggal tunggu belnya bunyi, trus liat sapa yg mencet, ngapain mencet, baru Gw bukain tuh pintu.


Yah.. Gw emang sedikit gak peduli ama situs2 jejaring sosial. Mungkin yg bikin Gw berpendapat kayak gitu karena, terlalu banyaknya situs jejaring sosial, ada FaceBook(FB), Friendster(FS), Hi5, Plurk, Kronolloger, MultiPly(MP), dan temen-temennya yang pada bjenggotan (eh), dan diantara mereka tidak saling terkait, Gw punya FS, temen Gw punyanya FB, trus gak bisa saling koneksi (HALAH singkong diragiin). Begitu juga dengan hubungan antar jejaring sosial lainnya. Memang beberapa sudah ada yg memulai hubungan Gelap, seperti purk dengan FB, kronologger dengan FB ataupun plurk DLL (bukan Dynamic Link Library-nya Windows loh), tapi tetep aja hubungannya baru tahap ta'aruf, bahakan ngelamar aja belom (doh).


Selain itu, Gw juga biasanya selalu mempertimbangkan fitur2 serta privacy policy dari tiap2 jejaring itu. Sebagai contoh, dulu Gw buka akun di MP, tapi kecewa karena yang bisa ninggalin komen or message cuma yang punya akun MP, sedang temen2 Gw gak semuanya punya MP. Untuk FS Gw juga punya akun, awalnya Gw seneng karena beberapa temen SMA Gw ada disono, bisa kontak2 tapi kok lama2 Gw Bete, setiap nyari temen lama gak nemu(mungkin dah Gw add semua). Teus ya... Gw biarin terlantar.


Sekarang setelah Gw tahu, kalo temen2 Gw (dari SMP sampe Kantor, pada FBing {Istilah Gw sendiri buat ngelukisin orang2 yg asyik maenan akun FBnya}) maka Gw ikut, biar gak lost kontak lah... dan ternyata bener, Gw ketemu banyak temen lama Gw disini. Tapi ada satu yg bikin Gw bingung, Beberapa temen Gw punya Frinds di FB sampe ratusan (kayak iklan wafer apa gitu). Lalu pas lagi “berseluncur di pantai maya” Gw nemu berita di detikinet yang membahas tentang bahaya penipuan jati diri di dunia antah barantah ini. Apakah mereka tidak merasa khawatir kasus ini menimpa mereka (terutama para kaum Hawa, terserah Hawa dingin atau Hawa panas)?


Gw coba cari2 adakah Fitur dari FB yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya, kalo tidak ada, maka FB Gw akan bernasib sama dengan FS Gw. Ternyata (mungkin) sudah terpikirkan oleh para FB faunder dan developer (walau ini hasil contekan, bah... Plagiat) tentang hal ini. Mereka menyediakan fitur privacy settings dan friend list yang mungkin blom dimanfaatin oleh Fbers (Ini istilah Gw lagi).


Untuk itu Gw coba bikin tulisan ini, mungkin sedikit panjang ya (Busyeh... pembukaan aja udah 1 halaman A4). Begini caranya:

  1. Siapkan aturan yang mau dibuat, semisal khusus temen SMP dan SMA hanya bisa melihat blog, dan email. Sedang untuk teman kantor bisa melihat semuanya, tau terserah anda. Disini saya akan contohkan dengan membuat 3 aturan pembatasan “No All”, “No Foto”, “No Kontak” anda bisa menyesuaikan sesuai selera.

    Selain ketiga Friend list diatas Gw juga misahin temen2 Gw berdasarkan pengenalan Gw, seperti “SMP”, “SMA”, “KANTOR”, “KELUARGA”, “GAK TAU SIAPA”, “TRUSTED FRIEND” dan lainnya. Sebagai pengetahuan anda, Satu teman anda, bisa dimasukan ke lebih dari satu list.

  2. Buat Friend List di FB sesuai dengan aturan yg telah anda buat. Caranya:

    1. Pilih Menu “Friends” dari FB anda, ada dibagian atas.

    2. Lalu pilih “Make a New List”, ada di sebelah kiri di bawah sub “Friend Lists

    3. Isi Nama Listnya, usahakan namanya mewakili maksud dari daftar teman2 anda yg akan dimasukan.

    4. Anda bisa langsung memasukan teman2 anda setelah membuat list atau nanti setelah membuat semua list. Sekarang Gw cuma ngebahas cara kedua, jadi bikin dah tu List-list yang mo dibuat.

    5. Sekarang kita akan memasukan teman2 kita ke “Friend lists” yang tadi sudah dibuat. Pilih menu “All Friends” di kiri (dibawah tulisan “Friend Lists

    6. Pilih salah satu teman anda dengan mengklik sekali di area dia (bukan di namanya atau di fotonya) atau untuk lebih amannya(gaya ah), klik gambar kotak di sebelah gambar “x” diteman anda itu.

    7. Pilih list yang akan anda tandai teman anda itu, caranya dengan meng-klik segitiga kebalik di sebelah tulisan “Vies friends”. Lalu pilih list-nya (bisa lebih dari satu).

    8. Lakukan untuk semua temen anda, kalo temen anda sudah kelewat banyak...... Kasihan deh lu (Wakakakakak)

  3. Buat aturan data-data anda (privacy setting). Caranya:

    1. Klik bacaan settings di kanan atas (sebelah Logout)

    2. Lalu di tab Settings pilih Manage di kanan tulisan Privacy

    3. Untuk tiap setting, sesuain dengan rule/aturan yg tadi dah dibuat.

    4. Sebagai contoh kita ubah “No Kontak”(ini list yg Gw bikin buat orang2 yg gak boleh ngeliat kontak ke Gw). Gw pilih “contact Information” lalu di pilihan “IM Screen Name” Gw pilih customize lalu Gw pilih di bagian “Except These People” yang warna merah dikotaknya klik Gambar orang yg ada tanda plusnya. Terus ketik list yang kita bikin (Kasus Gw gw ketik “No IM”)



Nah sekarang tinggal nyoba ngeliat deh.... masih di setting privacy di kotak sebelah tulisan “See how a friend sees your profile:” masukin salah satu nama temen lu, maka akan tampil bagai mana temen lu ngeliat profile lu...


Gw gak bakal ngasih apa2 aja settingan yang musti lu atur, karena itu sangat subjective, jadi selamat berkreasi. Kalo ada pertanyaan Buat Gw, lu pasti dah tau Gmana cara ngontak Gw...

  • Buat yg baca dari blog Gw bisa langsung chat di kotak sebelah kanan bawah (yang ngikutin kemanapun lu scrol itu loh).

  • Buat yang baca dari FB Gw, silahkan tulis komen disini or Kita chat :D itu juga kalo Gw OL


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):