Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

29 Maret 2009

Gak bisa chatting pake indosat malem hari? Ngeping aja.

Pernah chatting sekitar jam 9-12 malem make indosat 3G Broadband (unlimitted kalo punya Gw)? Gw punya Sedikit solusi,blom terbukti pasti (soalnya baru gw coba dari jam 10). caranya: Ngeping setiap 0.3 detik.

Kenapa Harus ngeping setiap 0.3 detik? Ini cuma asumsi gw loh, Jadi tolong dikonfirmasi ulang ke pihak berwenang (Siapa ya? Gw juga gak tahu :D). Gini Asumsi Gw: karena banyaknya trafik di sebuah tempat (BTS) maka indosat mencoba memanfaatkan jaringannya secara maksimal.

Bagaimana caranya? yang pertama (kemungkinan) dengan menurunkan BW tiap koneksi, sehingga channel yg dimiliki satu BTS bisa di pake buat banyak koneksi, efek buruknya adalah pelanggan mengalami penurun kecepatan donload/upload. Kalo yang ini mungkin gak terlalu menggangu.

Yang kedua, (kemungkinan) indosat membatasi waktu koneksi atau lock channel di BTS untuk sebuah koneksi, misalnya setiap detik maka channelnya di free walau koneksi dari client dikoneksi itu blom selesai, hal ini memungkinkan lebih banyak koneksi disatu BTS, karena gak setiap koneksi harus keep life semisal browsing kan gak perlu koneksi yg selalu up. Efek buruknya adalah koneksi yang membutuhkan jaringan stabil akan tergantung, seperti chatting, voip, donlot, dll. Nah ini yg sering ganggu.

Lalu kenapa harus 0.3 detik ngeping? karena setahu Gw, YM (versi 8 dan 9) ngeping keserver sekali perdetik. jadi kita harus menjaga koneksi tetep tersambung dibawah waktu itu. Ini berlaku juga buat donload, kalo VoIP Gw blom nyoba/ngecek. Jadi prinsipnya, sebelum Koneksi dianggap putus oleh server tujuan, kita harus membuat koneksi lagi ke BTS.

Trus Gmana cara ngeping per 3 detik, ngepingnya kemana? Ngeping gak masalah kemana aja, tapi kalo Gw, ngepingnya ke DNS (Gw make 202.155.0.10). Nah kalo di Linux, lu bisa pake perintah:
ping 202.155.0.10 -i 0.3
nah kalo di Windows (Gw Blom nyoba, ini cuma baca dari referensi) bisa make perintah:
ping 202.155.0.10 -w 300 -t

Silahkan dicoba dijam-jam sibuk, Berhasil atau tidak tolong kasih komen disini ya, biar pada tahu yang baca selanjutnya.

OK semoga membantu.

PS. info daerah dan waktu traffic tinggi/sibuk bisa baca di situsnya indosat

PPS. Indosat ternyata Gak bisa dikadalin, cara ini gak bisa dilakuin. Maaf ya...

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):