Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

07 Maret 2009

Indosat Fansberry, Blackberry Gratis dan pintu bagi pencuri data.

Tadi lagi ngecek usage indosat bulan ini, iseng2 ternyata menemukan program indosat Fansberry. Ini adalah program resminya indosat yg ngasih Blackberry curve secara cuma-cuma atau gratis setiap minggunya selama 6 minggu di bulan maret.-April Syaratnya sangat mudah, cuma cukup menambah teman difacebook anda sebanyak-banyaknya dalam waktu seminggu. Selain itu ada beberapa aturan dan ketentuan lain yang dibuat oleh pihak indosat dalam lomba ini. Pemenang periode pertama si Anshar berhasil mengumpulkan teman sebanyak 2093. loh kok bisa? padahal youtube cuma bolehin add friend sebanyak 50 org perhari?? Yups.. indosat ga batesin penambahan teman itu berdasarkan add atau di add.

Post Gw kali ini bukan mau promosiin tuh acara, cuma mo ngasih peringatan (ja elah) buat para peserta untuk hati2... atau mungkin buat ngasih tau para penjahat identitas untuk beraksi (jah).. Bercanda... tolong info ini jangan di gunakan buat yg gak2 ya.Tadi sore, gw baru bahas ama temen gw masalah kasus di detikinet tentang penjahat identitas ini. Ternyata lubang ini makin di perlebar oleh kegiatan si Indosat, dan anehnya lagi Gw bahas kasus itu sama orang Indosat juga (mungkin dia juga akan baca tulisan ini, soalnya tulisan ini Gw link k Facebook).

Sebetulnya apa hubungan antara program si indosat dengan pencuri data ini?? Gini.. secara umum, seseorang (pengguna FB) akan membatasi Hak akses ke data2 mereka hanya kepada teman saja, dan beberapa diantaranya menaruh data2 penting seperti HP, email, dll yang mungkin seharusnya hanya boleh diketahui oleh orang yg mereka inginkan saja. lalu disaat indosat menganjurkan penambahan teman sebanyak2nya, maka sangat dimungkinkan seorang pencuri data bisa dengan mudah menjadi teman (di FB) para peserta program ini. sehingga mereka bisa lebih mudah mengakses data2 itu, tanpa harus berpura2 baik dulu supaya bisa di-add.

Lalu apa tindakan yang seharusnya dilakukan kalo kita harus atau mau mengikuti program itu? tentu saja dengan pembatasan pengaksesan data2 itu. Sampai saat ini saya baru mengetahui 2 cara membatasi akses itu, yaitu yang pertama dengan tidak memasukan data2 itu di profil facebook. dan yang kedua adalah dengan memanfaatkan fasilitas pembatasan "privasi" dan "daftar teman/friend list" di facebook. Bagaimana caranya? anda cukup buat sebuah daftar teman baru, misal kita namakan "Teman cuma buat Berry" lalu anda batasi akses data2 terbatas anda, agar hanya dapat dilihat oleh teman kecuali teman dalam daftar "Teman cuma buat Berry". Masalah pembatasan akses ini mungkin akan saya tulis secara lengkap dilain waktu (tolong ingetin ya.. saya pelupa orangnya), sehingga tidak tercampur dengan topik post kali ini.

Yang jadi pertanyaan adalah: "Apakah indosat telah merugikan pengguna dengan tidak memperhatikan efek buruk yang ditimbulkan dari program fansberry ini?" Kalo jawabannya "ya" maka hati2 lah indosat... mungkin YLKI akan bertindak (Wakakakakak bales dendam karna internetya ndut-ndutan nih)<- BUKAN!!!! (jah galak). Ini hanya sebagai pengingat supaya indosat memberikan pelayanan yang lebih baik, dan juga lebih memperhatikan segala efek yg timbul dari program yg diluncurkan, termasuk program 3Gnya. Ok mohon masukan dan info lainnya... CMIIW BTW apa sih arti dari FACEBOOK??? muka mirip buku? cover buku? buku tentang muka? halaman muka dari sebuah buku? atau apa?

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):