Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

22 April 2009

Aktif di FB? How To?

Temen Gw pernah bilang ke Gw: "secara bang yg muncul di FB gw yg aktip org lembaga abang doang," ini dimaksudkan Gw yang selalu balas Komen atau ngasih komen ke temen2 kantor Gw. Terus apa itu berarti Gw selalu buka FB setiap saat? Gak Juga... (Lah.. terus lu tau ada komen atau status baru temen2 lu dari mana kalo gak Buka FB?)

Para FBers (istilah gw sendiri) pasti tahu kan kalo ada komen2 baru di status, foto, catatan/Note, tautan/link, video Kita itu FB bisa ngasih informasi VIA email? pasti tahu ya... (Kagak Gw gak tahu, lah wong Gw gak pernah buka email wakakakakak) ya kecuali lu gak pernah buka email lu. Jadi Gw tahu kalo ada komen di salahsatu yang tadi Gw dah sebutin, itu dari email. Dan berhubung Gw selalu Online di laptop maka Gw make Email Client yang selalu ngasih tahu kalo ada email baru. (Oh Gitu toh)

Dari situ Gw bisa bales komen2 orang secepat mungkin (Lah kalo status orang berubah kan gak ada emailnya pak). Kalo buat perubahan status temen2 kita, ini juga sudah disedian oleh FB, namanya RSS feed (Yang ini dah gak bisa langsung, perlu akal2an dikit). (UPDATED: Cek Bagian UPDATE) Coba pilih Pesan Masuk/Inbox lalu pilih pemberitahuan/Notification, nah dibagian kanan (dibawah tulisan "tulis pesan"/"write message") yang paling bawah ada tulisan "pemberitahuan anda"/"Your Notification". Link itu ada lah link RSS feeder langganan "notification"/"pemberitahuan" anda, untuk langganan Update status teman terbaru, ganti linknya dari "http://www.facebook.com/feeds/notification.php?id=........ &format=rss20" jadi http://www.facebook.com/feeds/friends_status.php?id=........ &format=rss20". kalo mo langganan, ambil link itu dan Gunakan RSS reader semacam thunderbird, seamonkey, opera, KMail atau lainnya.

Dari situ lu bakal tahu apa yang terjadi sama temen2 lu, kalo ada status yang nyeleneh dikit bisa langsung dikasih komen deh (Tapi kan tetep musti buka FB buat tulis komen)., ya betul, sampai saat ini FB blom bisa nulis komen dari luar FB (atau Gw blom tahu). Masuk FB sebentar dengan Mengklik Link yang ada di email/RSS kan cukup :P.

OK buat temen2 Gw jangan pernah salah duga/sangka lagi sama Gw ya...

UPDATE:
@29 Juni 2009:
Buat dapetin RSS dari status terbaru temen2 di FB kita, memang musti diakalin sedikit2, tapi cara ngakalin yg sebelumnya Gw tulis itu salah.Yang bener gini:
  1. pilih catatan/notes dari temen2 lu, pilih aplikasi/application di pojok kiri bawah FB lu, trus klik catatan/notes di menu yang keluar.
  2. Setelah keluar tampilan catetan2 temen2 lu, cek dibagian kanan bawah (gak kanan2 bangat sih, tapi kolom tengah atawa kolom kedua), cari yang tulisan "Berlangganan Catatan Ini"/"Subscribe to these Notes". Lalu klik kanan tulisan "Catatan Teman Saya"/"My Friends' Notes" yang ada dibawahnya. Dan pilih copy link location buat dapetin link URLnya.
  3. Link itu ada lah link RSS feeder langganan "Catatan Teman"/"Friend's Notes" lu, untuk langganan Update status teman terbaru, ganti linknya dari "http://www.facebook.com/feeds/friends_notes.php?id=........ &format=rss20" jadi http://www.facebook.com/feeds/friends_status.php?id=........ &format=rss20".
  4. kalo mo langganan, ambil link itu dan Gunakan RSS reader semacam thunderbird, seamonkey, opera, KMail atau lainnya.


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

9 komentar:

  1. tapi sistem notifikasi FB yang pake e-mail itu bikin Inbox e-mail saya penuh mas. Maunya tau update, malah jadi banjir email.

    BalasHapus
  2. Loh.. bukannya yahoo sudah gede mas? Kalo saya make Gmail.. ada fasilitas filter yg sangat membantu... **tapi tetap aja saya gak pernah hapus**

    Pake email client gak mas? saya pake Thunderbird, n saya setting supaya otomatis delete email dari facebook yg sudah 3 hari lebih :P

    BalasHapus
  3. makasih mas infonya..
    akhirnya bisa juga setelah utak atik yg lamaaa... maklum anak bawang.. sempat bingung dulu.. bolak balik ke fb tru balik lagi ke blog ini, sempat mau nyerah tapi akhirnya ketemu.... :lol:

    BalasHapus
  4. tengkyu infonya bro,....mantap. jadi nambah ilmu. sering-sering nulis tips ttg blogging ya brO ?

    BalasHapus
  5. @Mas Eko: Sorry kalo susah dibaca petunjuknya...

    @Bonjun: Duh.. kalo Tips2 Blogging gak janji bong, ini cuma catetan saya hasil oprak-oprek biar gak lupa aja...

    BalasHapus
  6. idem sama wijna, dua hari gak buka imel aja isinya penuh, dan 90% dari pesbuk. ndak penting banget. hehe

    jujur saja saya heran sama orang yang keranjingan pesbuk, where's the fun?? :))

    BalasHapus
  7. @Mas Stein: Kalo buat saya, ada 3 manfaat FB yang utama mas:
    1. Microbloggingnya buat nyebar or nyari tahu kabar sodara/teman/sapa pun yang lagi Jalan jauh.. biar kalo ada apa2 jadi tahu dimana posisi terkahir.

    2. Nyebar/Nerima undangan dari kawan2 lama..

    3. Nyebarin Info berita ama Blog....

    BalasHapus
  8. email client itu kaya opo toh?

    BalasHapus
  9. @GeRrilya: salah satunya Outlook bro..

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):