Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

08 Mei 2009

Beritahu tulisan terbaru kita Via email ke pembaca.


Pernah kan lu mendaftarkan emai lu ke sebuah situs (biasanya situs software atau berita) supaya dapet info terbaru dari situs itu? Sekarang blog lu juga bisa lu bikin kayak Gitu. Postingan ini cuma buat ngetes setting Langganan email di Blog Gw.

Bagaimana cara untuk menyetting supaya pembaca bisa berlangganan tulisan/komentar di Blg Kita melalui email, serta bagaimana settingnya supaya fasilitas ini ada diblog kita, akan Gw bahas lain kali (Maaf ya blom sempet). Kali ini Gw cuma mo kasih clue-nya aja. Lu bisa dapetin fasilitas langganan via Email diblog lu lewat feedburner.

OK Gw janji tulisan ini bakal Gw Update.....

UPDATE:
Sesuai janji Gw, cara2nya Gw lanjutin tulis diblog ini (Kenapa gak dari kemaren sih?). Bukan maksud Gw bikin penasaran, tapi Gw mo buktiin dulu. Berhubungan Gw setting supaya notifikasi/email dikirim setiam jam 3-5 pagi, so Gw musti tunggu sampe jam segitu buat buktiinnya.

OK... lanjut ya.. (Iy D Kk) Gw mulai dari gmana caranya naruh form langganan email diblog kita. Sebelumnya, Gw mo kasih tau kalo cara ini Gw terapin di blogger/blogspot jadi untuk Blog Engine lainnya silahkan menyesuaikan, dan Gw cuma bisa bilang "SELAMAT NGOPREK" >:) >:) >:)

Pertama-tama buka feedburner.google.com dan masukkan URL/Alamat situs kita atau URL/Path Rss situs kita ke kotak/field yang ada dibawah tulisan "Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:" dan klik "Next". Lalu ubah "feed Title" dan "Feed Address" seperlunya (kalo dirasa gak perlu, gak usah diganti). Kalo udah, seperti biasanya, klik "NEXT" :P

Udah Jadi dah URL Feed kita, lu bisa klik next buat nambahin fungsi2 lain atau skip aja. Sekarang pilih tab "Publicize" untuk mengaktifkan langganan via Email (Catatan: Feedburner menyediakan banyak feature lain yang gak Gw bahas kali ini, sekarang pembahasannya cuma email). lalu pilih "Email Subcriptions" dan aktifkan feature ini dengan meng-klik "Activate".

Sebetulnya, kalo udah sampe sini, berarti link langganan via email dah jadi. Tapi untuk kenyamanan perlu ada settingan lagi. Selain itu, penambahan script ke Blog juga perlu dilakukan.

Langkah pertama pilih sub menu "Communication Preference" 2 link dibawah menu "Email Subcriptions". Pada menu ini kita diminta menentukan judul/subyek email pengiriman, dan isinya serta alamat email balik. Setelah merubah, jangan lupa klik "save" lagi.

Lalu sekarang setting waktu pengiriman email. pilih sub menu "Delivery Options" di 4 link bawah menu "Email Subcriptions". Setting wilayah waktu, serta jam pengiriman email, n lagi-lagi klik save. lalu balik lagi ke "Email Subcriptions" untuk mengambil kode form langganan yg sudah kita edit. Nah disini terserah deh mo pake yg form atau teks.

Buat Blogger ada pilihan nambah otomatis, coba aja drop down pilihan "Use as a widget in" nah ada tuh buat blogger nanti tinggal edit "tata letak"/layoutnya. Kalo untuk Blog yang lain atau untuk blogger yg mo manual nambah keblognya, silahkan kopi scriptnya trus tambah diblog, kalo diblogger bisa ditambahain di widget "html/java script".

Sekarang, Gmana caranya pembaca ngikutin/langganan? Gampang.. mereka tinggal masukin alamat emailnya di form yg tersedia, lewati spamm checker, klik link aktivasi di email, dan selesai.... mereka tinggal nungu, hanya saja email dikirim setiap jam yang telah ditentukan sebelumnya, jadi gak instant.

OK segitu aja ya... semoga bermanfaat.



Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

1 komentar:

  1. Gw juga mo ngasih tau, kalo yang bisa dijadiin langganan itu bukan cuma tulisannya doang, tapi juga komentarnya.

    Ini Gw lagi nyoba :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):