Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

05 Mei 2009

Biarkan pengunjung Blog membagikan tulisan diblog kita ke facebook, bisa kok..

Sedikit sharing dan juga buat catetan Gw :D. Sekarang semua tulisan di blog saya bisa di share/bagikan ke FB oleh pengunjung blog saya, kayak share di youtube gitu deh. Gmana caranya? Wakakakakaka.. Rahasia (Halah).

caranya simple, Gw gak mau bertele2... Gw gak mau cerita gmana kronologgisnya Gw sampe dapet cara nambahin tautan buat sharing ke FB (Kok Tumben gak panjang lebar?). Soalnya 2 Post yg kemaren dah puanjang bangat ROFL (Wakakakakakakakak... Ayo lah ilmu kan musti dibagi, kan lu juga yang ngomong: "karena otak bisa lupa, karena catetan bisa hilang, jadi bagikan ilmu itu keorang lain, dia bakal abadi...."). Hehhehehehehe... iya ya... Biar abadi nih ilmu, Gw share deh.

Gini ceritanya (gitu ah) Begini (begitu) begini aja (Gak ah... Begitu) halah kayak lagunya benyamin aja (Wakakakakakakak). Sewaktu Gw lagi liat2 tautan/links di FB Gw, ada link yang menarik mata Gw (sampe keluar gak?). link yg tulisannya "Tambahkan Berbagi ke situs Anda »" nah tuh link larinya ke halaman http://www.facebook.com/share_partners.php yang jelasin gmana cara naroh link di situs kita supaya bisa langsung dibagiin ke FB.

Berhubung Gw rada Bego (Masa harus pake kata rada sih?) jadi Gw gak tau Gmana caranya nambahin itu script ke Blog2 Gw di blogspot, tapi yg namanya Gandi Gak bakal nyerah (Cia elah). Karena Gw dah tertarik dengan share ini, yang biasa Gw pake di youtube buat sharing video, maka semua waktu, pikiran, tenaga, uang, rumah, mobil, istana (HAlah lebay) Gw curahkan buat nyari caranya.

Finally Gw nemu situs yang ngebahas masalah ini, disitu dibilang caranya musti edit layout/tata letak blog kita lewat HTML. Gini nih caranya (gmana? begitu?) begini (begitu ah.....) au ah... mo dengerin gak?(mau...mau...mau..). Oh iya sebelum mulai... (apa?) Gw mo ngasih tahu.. ini cara, baru Gw coba di blogspot/blogger, jadi buat situs blog hosting lainnya, Gw blom tahu secara detail n tepatnya gmana (OK).

untuk blogspot bahasa indonesia (Yah... yang inggris gmana?) oh iya, Gw kasih "batasan masalah" lagi nih (Kayak skripsi) Gw pake istilah kata-kata yg ada diblogspot berbahasa indonesia, jadi buat yg non indonesia, translate sendiri Wakakakakakakakaka (Bilang aja lu gak bisa ROFL). OK Gw lanjutin ya.. (Sip).

Lu musti buka "dasbor", dan edit blog lu.. terus pilih "tata letak" (Kalo gak salah bahasa inggrisnya "layout"), trus pilih "edit html" trus centang kotak di sebelah kata "Expand Template Widget". Nah abis itu cari kata "<data:post.body/>" trus tambahin ini:

<b:if cond='data:post.url'>
  <script>
    function fbs_click() {
      u=location.href;
      t=document.title;
      window.open(&#39;http://www.facebook.com/sharer.php?u=&#39;+encodeURIComponent(u)+&#39;&amp;t=&#39;+encodeURIComponent(t),&#39;sharer&#39;,&#39;toolbar=0,status=0,width=626,height=436&#39;);
      return false;
    }
  </script>
  <style>
    html .fb_share_link {
      padding:2px 0 0 20px;
      height:16px;
      background:url(http://b.static.ak.fbcdn.net/images/share/facebook_share_icon.gif?8:26981) no-repeat top left;
    }
  </style>
  <a class='fb_share_link' expr:href='&quot;http://www.facebook.com/share.php?u=&quot; + data:post.url' onclick='return fbs_click()' target='_blank'>Bagikan tulisan ini di Facebook Anda</a>
</b:if>

terus simpen dan tes.....

Buat situs yang laen, sebetulnya sama aja sih... cuma Gw gak tahu Gmana cara dapetin url nya... bisa juga cuma nambahin link aja, kayak gini:

<a href=" http://www.facebook.com/share.php?u=<url>" target='_blank'>Bagikan tulisan ini di Facebook Anda</a>
Tapi jangan lupa buat ganti <url> ama url yang mo dishare.. nah permasalahannya, gmana kalo url-nya dinamis? Nah... Gw cuma bisa bilang "SELAMAT NGOPREK" >:) >:) >:)

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

2 komentar:

  1. Silahkan dicoba mas, tapi saya gak tau kalo di worpress.com bagaimana caranya.. soalnya Gak punya yang wordpress.com sih :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):