Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

21 Mei 2009

BLOGGER is PATHETIC

(03:25:19 AM) ke[Akun YM Temen Gw]ta: ntar gw masukkin blog dah..
(03:25:23 AM) ke[Akun YM Temen Gw]ta: :))
(03:25:45 AM) la[Akun YM Gw]uh: eh... lu ada blog?
(03:25:48 AM) la[Akun YM Gw]uh: Dmana?
(03:26:06 AM) ke[Akun YM Temen Gw]ta: kaga lah..gw kan bukan orang pathetic :P

* * *

* * *
(03:29:20 AM) la[Akun YM Gw]uh: Set... Lu pikir blogger tuh menyedihkan pak?
(03:29:22 AM) ke[Akun YM Temen Gw]ta: wkwkwk...


Sepenggal percakapan antara Gw dan temen Gw nun jauh di seberang lautan, dari berbaris-baris percakapan iseng yg sering terjadi dimalam hari saat Gw lagi gak bisa tidur. Jangan pada marah dulu ya para blogger Indonesia, mungkin percakapan diatas menyinggung perasaan kalian, tapi tolong jadi kan itu sebagai bahan introspeksi diri. Ini hanya wujud kecintaan temen Gw kepada para blogger, walau mungkin dengan sebuah sindiran (Banyak hikmah dari setiap sindiran yg kita terima loh..).


Sebetulnya Gw sendiri langsung kesentil pas dia ngirim message diatas, dalam pikiran Gw apakah Gw dah sebegitu menyedihkan sampe2 temen Gw ngomong kayak gitu? Tapi setelah Gw pikirin matang2 (Gak sampe Gosong loh) Gw inget kalo dia itu suka bercanda **Just Like me** Ngomong-ngomong soal becanda, Gw jadi inget kemaren mba Eka sampe langsung bales komen Gw di postingannya, karena Gw senggol masalah originalitas **Bercanda loh itu mba.. sumpah deh, Maaf ya**


Sekarang Gw gak akan bahas tentang pendapat temen Gw itu sampe dia mengatakan bahwa blogger itu pathetic, atau pendapatnya tentang Gw sebagai blogger yg pathetic. Gw disini cuma akan bahas tentang blogger dan pathetic menurut pandapat Gw. Hmm.. gw ulangi lagi ya: “Gw disini cuma akan bahas tentang blogger dan pathetic menurut pandapat Gw”. Kayaknya kurang tegas, Gw ulangin lagi deh: “Gw disini cuma akan bahas tentang blogger dan pathetic menurut pandapat Gw” jadi tolong jangan ada salah paham, karena ini cuma pendapat pribadi Gw. Kalo gak setuju silahkan yakinkan Gw sampe Lu/Gw sepaham, tapi tolong jangan sampai ada konflik atau pertengkaran maya diantara kita, apalagi pertengkaran nyata.


Blog yang memang dibagi jadi banyak jenis, sesuai ama tujuan, media atau lainnya itu sangat berkembang pesat, soalnya orang yg kagak bisa HTML (Web Programming) juga bisa punya web (blog). Tetapi kenapa sampe dibilang blogger atau orang yg punya/ngurus blog di bilang menyedihkan? Kalo menurut Gw, blogger Gw bilang menyedihkan kalo sudah bikin aneh2 diblogsphere.


Beberapa blogger yang menyedihkan menurut Gw itu:

  1. Copaster Aka. Tukang Copy Paste

    Oupss.. kayaknya bisa nyinggung banyak orang nih. Musti diinget!! Disini Gw tulis Copy Paste, jadi prinsip republishing atau menayang ulang itu Gak masalah buat Gw (Nah lo.. Bedanya apa nih?) bedanya ada sebuah kata bermakna yg perlu di selipin diantara “copy” dan “paste” yaitu kata “edit”. Maksudnya diedit dulu tambahin link sumbernya (minimal).

    Seorang Copaster biasanya memiliki banyak alasan, biasanya sih manusiawi,seperti: lupa nulis sumbernya, Gak tau caranya (kalo ini newbie amat), atau lainnya. Tapi yg kelewatan adalah yg memang tujuannya mengumpulkan berita2 menarik kedalam blognya cuma supaya dia terkenal, dianggap hebat, hingga supaya traffic Blognya tinggi.

  2. Blogwalking+ngasih komen cuma supaya dikunjungi balik blognya oleh si pemilik blog yang dia kunjungi.

    Aduh.. aduh.. ini yg paling terasa dan paling bikin Gw kesel ngeliat blogsphere indonesia (Bukannya lu juga sering blogwalking gan?). Gw baru mulai aktif blogwalking satu bulan belakangan ini aja, atau malah kayaknya blom nyampe sebulan. Dulu kalo blogwalking, Gw paling males ngasih komen.. apa lagi kalo tuh postingan dah banyak komentarnya, jadi Gw blom bener2 ngerasain yg namanya blogwalking. Setelah Gw nyoba, Gw mulai membaca komen2 tiap postingan dan kalo bisa menyambangi situs/blog si peng-komen, Gw jadi tahu banyak blog bagus. Tapi sayangnya saat Gw baca komentar yg ada, banyak juga yg terkesan cuma sekedar naroh link ke situsnya, komentarnya malah kadang gak nyambung sama topik.

  3. Melas2 minta tukeran link/tautan.

    Fenomena ini lebih sering Gw liat di blog2 yang enginenya wordpress (sorry ya gak maksud apa2 loh.. cuma liat dari satu sisi : “pengalaman Gw”) mereka saling meminta tukeran link, biasanya di halaman buku tamu.. Gw tahu, dengan linking disitus orang, maka ada kemungkinan orang lain akan mampir keblog kita dan membaca postingan kita (Aduh... positif thinking sekali) tapi terkadang ada yg (Semoga Gw salah) cuma mengharap si robot2 mesin pencari membaca link situsnya, dan meningkatkan peringkat situs mereka, sehingga iklan yang dipasang di situs/blognya jadi mahal. Ini bisa menyesatkan para blogwalker (Ada gak ya istilah ini?), karena mereka harus mampir kesitus yang gak jelas.

  4. Mengatur tulisan di dalam postingannya berisi link2 atau keyword-keyword yang khusus dan berulang.

    Biasanya ini buat ningkatin posisi blog/situ/spostingan/halaman kita ke posisi teratas di mesin2 pencari. Coba lu bayangin, kalo lu lagi butuh sebuah berita, terus searching di internet eh.. 2 halaman pertama hasil searching isinya cuma web sampah yg kagak nyambung.

  5. Meminta supaya iklan PPC diblognya di pencet dengan tukeran mencet iklan (Apa sih bahasa Indonesianya Click?)

    Ini sama dengan kasus tukeran link, tapi yg ini lebih parah. Ini langsung minta di pencet iklannya dengan harapan bayarannya lebih mahal. Beberapa server iklan (Kayak Google adsense) dah mulai punya pendeteksi canggih buat yg kayak gini **Jadi biasanya ini cuma dilakuin ama para blogger pencari uang yg masih baru**


Itu 5 diantara beberapa blogger yg Gw bilang menyedihkan, masih ada lagi sih.. tapi Gw lagi males nulisnya **Contoh Blogger yg Buruk jangan ditiru ya** ntar aja Gw update. Tapi Jelas, blogger yg menyedihkan (pathetic) yg dimaksud temen gw, pasti Bukan blogger yg kayak gini, pasti yg diamaksud adalah seorang yg menulis tentang perasaannya pribadi dan mengumbarnya ke publik (Maaf kalo ada yg tersinggung, **Kayaknya Gw juga tersinggung deh :P**), soalnya temen Gw itu seorang pria, yg kalo dianalisa dari kehidupannya, cara pandangnya, prilakunya dan lain2 Gw ngambil kesimpulan kayak gini. Tapi semoga Gw salah, Soalnya insting Gw akhir2 ini lagi sering ngasilin langkah yg salah.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

15 komentar:

  1. mudah2an gw gak termasuk 5 tipe blogger di atas :)

    "seseorang yg menulis tentang perasaannya pribadi dan mengumbarnya ke publik ....."
    kalimat di atas, gw benar2 gak setuju (pasang tampang marah, siap bacok hehehe ..) jujur blog gw isinya kebanyakan curhatan perasaan, ato pengalaman gw jalani hidup ini.
    Ya terserah orang yg mo bikin blog dong, mau ditulis curhatan ato sesutau yg bermutu, yg menulisnya aja harus jadi profesor dulu baru boleh nulis, semua terserah yg nulis. Gak ada urusan dgn yg mo baca, kalo gak mo baca ya di klik aja tanda silang di pojok kanan atas itu. Toh yg baca juga gak bayarin biaya internet gw, wordpress aja gak rewel ngatur tulisan kok, padahal dia nyediain fasilitas gratis.
    Belom tentu orang yg baca lebih baik dari orang yg sekedar nulis perasaan mereka di blog. Atau teman mas bilang gitu karena di agak bisa kelola/ bikin sebuah blog, meskipun itu cuma blog curhatan.
    Maaf Mas Gandi.. agak sewot nih ma teman mas. Piss :)

    BalasHapus
  2. Punya blog itu sebenernya latihan buat menulis, mengungkapkan pendapat, dan menerima kritik dari orang lain (via komentar).

    Serius, saya ini dari punya blog jadi makin pinter (katanya orang lho) merangkai kata-kata, :D.

    BalasHapus
  3. @mas zef:
    tenang mas... pendapat boleh beda, tapi pikiran musti tetep jernih, hati musti bersih.. Biar gak ada salah sangka.

    Saya juga setuju mas, penulis blog punya hak prerogratif ama isi blognya **dengan syarat gak melanggar hukum, dll** mungkin salah saya juga kenapa mencantumkan paragraf terakhir itu, padahal kan seharusnya pembahasannya cuma pendapat saya :D

    @Wijna:
    Hmmm.. mungkin secara gak langsung seperti itu mas, tapi tujuan awal saya nulis blog sih cuma buat nuangin apa yang musti saya inget aja, cuma akhir2 ini jadi kebawa2 blogger lain yg juga nulis bahasan hal2 lain. Kayak yg kemaren saya tulis, Label "Pribadi" meningkat pesat.. Kenapa?.

    BalasHapus
  4. Oh iya.. mas wijna, kok ane gak bisa kasih komen di blog ente? di block atau ada moderasinya?

    BalasHapus
  5. pathetic ato gak itu pendapat org. gw sih fine2 aja dg pendapat bgtu. klo ada yg jd pandai menulis krn nge-blog itu bagus. klo ada yg jd lebih lega dgn nge-blog sbg diary digitalnya itupun bagus, krn kita (baca:saya) butuh ber-ekspresi.. peace ah! dont block the blog :)

    BalasHapus
  6. @bang yudis aka raindust: Kalo mo curhat, sama admin dong. Udah balik ke blog yang di FS aja....

    BalasHapus
  7. wah...ya nggak apa-apa lagi. saya sih mau dibilang pathetic ya nggak apa-apa...lha wong memang pathetic sayanya hahaha...

    lha ini gimana sih dibilang pathetic kok malah nggak apa-apa? nah kan bener pathetic.... :D

    BalasHapus
  8. Aduh..pathetic sekali sampean mas... :))
    Tapi... ngomong2 Blog sampean bagus kok mantabs.. Gw rekomendasiin buat yg lain ngunjungin blognya mas "Ge R rilya"

    BalasHapus
  9. duh mas, aku kok merasa tersindir yah di sini. hiks3x.

    tapi gapapa lah, pemikiran yang bagus juga kok.
    tapi di luar sana juga ada banyak pemikiran, jadi aku harap semua orang menghadapi pemikiran2 itu dengan bijak, bukan dengan hujatan atau caci maki, karena tidak akan menyelesaikan masalah yang timbul.
    CMIIW.

    BalasHapus
  10. @arifin:
    Hmmm... Maaf loh mas, saya gak maksud menyindir siapa2.

    Betul mas, seperti Linux yg Open Source, pemikiran juga bisa punya distro masing2 buat tiap orang **Halah ngomong apa Gw**

    BTW kalo menurut saya, Blog mas ipin kurang satu mas, dan saya sudah berikan saran lewat komen terakhir saya di blognya mas.

    Banyak kok blog / situs yang menjadi penyambung lidah atau republishing, dan saya bukan gak setuju dengan Hal itu, hanya perlu kehati2an, jangan sampe kejadian kayak dulu lagi ya mas... :D

    BalasHapus
  11. tak pikir sampeyan mau memaki-maki blogger sebagai kaum yang menyedihkan karena lebih banyak berkutat di depan komputer. hehe

    saya pikir ngajak tukeran link wajar sih, walaupun saya blom pernah ngajak tukeran. yang menyedihkan itu kalo kemana-mana komentarnya cuma, "postingan kamu berguna, kunjungi aku balik ya"

    BalasHapus
  12. Aduh.. sekarang saya yg kesindir nih mas, saya kan seharian di depan laptop :D

    Makanya saya tulis "Melas2".. Kalo tukeran link memang gak masalah mas, malah bagus jadi publikasi blog kita.

    Saya malah gak pake minta tukeran, nyatumin blog2 orang (yg sering saya kunjungin) disini :D

    BalasHapus
  13. ---> Tapi Jelas, blogger yg menyedihkan (pathetic) yg dimaksud temen gw, pasti Bukan blogger yg kayak gini, pasti yg diamaksud adalah seorang yg menulis tentang perasaannya pribadi dan mengumbarnya ke publik

    *** Barti gue termasuk pathetic dunk ??
    gue kan selalu nulis perasaan pribadi gue..
    sini mana YM temen lu.. suruh mampir blog gue terus bilang langsung kalo gue pathetic.. berani gak dia (catet mesti baca postingan2 gue dulu ya)

    btw soal tukeran lik.. waaah byk bgt yang begitu.. ampe emept :p

    BalasHapus
  14. Waduh... saya suruh komen di blog saya aja di gak bales mba ROFL.

    Hmm... kayaknya banyak yg ngajakin tukeran link ya mba? sampe empet gitu :d

    BalasHapus
  15. sebenarnya pathetic apa kaga, tergantung orang yang menilai. ada yang menggunakan blog sebagai sarana curhat, walaupun saya sendiri sangat tidak menyetujuinya. saya tetap menganggap curhat adalah urusan pribadi yang sifatnya sosial dan face-to-face bukan urusan ngetik mengetik. yang penting tergantung penilaian masing-masing orang aja. gak usah terlalu dipusingin deh... setuju, mas?

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):