Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

12 Mei 2009

Install Joomla Di Linux/Slackware

Melanjutkan pembahasan mengaktifkan MySql, Apache dan PHP di laptop Gw yang gara2nya Gw mo Instal joomla n Wordpress di Laptop, sekarang Gw mo bahas, How to install Joomla di Linux/Slackware. Gw asumsiin, kalo lu dah pada Ngaktifin MySql, dan Apache server di Laptop, serta udah setting Apache supaya PHPnya bisa jalan. Kalo belum, lihat postingan Gw "Mengaktifkan MySql di Slackware" dan "Mengaktifkan Apache Dan PHP di Slackware".


Joomla membutuhkan sebuah database untuk bisa jalan, nah untuk itu kita perlu bikin satu database baru buat joomla naruh data2 disitu. Gw lagi males basa-basi (Di awasin bos ya? ROFL), jadi langsung aja ya ke cara membuat database baru buat joomla:

  1. Buat database baru sebagai root (atau user lain, yang punya hak buat bikin database baru), ganti namaDataBase dengan nama Database yg anda mau, kalo saya sih saya kasih nama joomla.

    # mysqladmin -u root -p create namaDataBase

  2. Atur privileges database yang baru dibuat (Kalo buat di NET, perhatikan faktor keamanan, berhubung cuma buat di Lokal kompi doang jadi gw set allow semua)

    • Masuk ke mysql sebagai root (atau user lain, yang punya hak buat bikin database baru)

      # mysql -u root -p

      Nanti masukin passwordnya

    • Atur privilegesnya

      mysql> GRANT ALL PRIVILEGES ON namaDataBase.* TO apache@localhost IDENTIFIED BY 'passAnda';

      Nah.. ntar outputnya mirip kayak gini:

      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

    • flush konfigurasi supaya aktif

      mysql> flush privileges;

    • keluar dari mysql

      mysql> quit


Download joomla (Versi terakhir aja...) trus ekstrak (dekompresi) ke direktori yang lu mau (terserah, suka-suka, nanti juga di setting di apache servernya). Dalam kasus Gw, joomla yang di pake versi 1.5.10 dalam format tar.gz, dan direktori yang Gw pake buat joomla /var/www/joomla (kalo lu mo make yang laen, terserah aja). Cara-cara instalasinya kayak Gini:

  1. Download Joomla terbaru dari sini, alu ekstrak ke direktori yg diingini.

    # cd /var/www/

    # mkdir joomla; cd joomla

    # tar zxvf /direktori/tempat/hasil/donlot/joomla/Joomla-*.tar.gz

  2. Setting Direktori Dokumen root Apache supaya langsung ke direktori joomla yg sudah dibuat. Caranya dengan mengubah setting di file httpd.conf yang ada di /etc/httpd.

    • Ubah baris DocumentRoot supaya langsung ke direktori joomla, tentunya ini pake contoh kasus Gw, kalo lu make folder/direktori lain, silahkan disesuaikan.

      DocumentRoot "/var/www/joomla"

    • Tambah setting untuk direktori joomla, sorry untuk setting ini Gw masih kurang paham, Gw cuma ngikutin tutor dari sini, serta ngeliat contoh yg ada di file httpd.conf.

      <Directory "/var/www/joomla">

      Options Indexes FollowSymLinks

      AllowOverride None

      Order allow,deny

      Allow from all

      < /Directory>

  3. Buat file konfigurasi difolder/direktori joomla anda, bisa make contoh yg ada atau bikin file kosong, contoh Gw disini make file kosong:

    #touch /var/www/joomla/configuration.php

    #chmod 777 /var/www/joomla/configuration.php

  4. Silahkan setting joomla dengan memasukan URL http://localhost/ di browser kesayangan anda. Setting databasenya make nama database yg tadi dibuat ya... nah untuk setting email (Nanti diminta pas bikin password admin) asal aja dah.. kan kita Gak online ke Internet :P

  5. Setelah settingan selesai, ganti lagi settingan file configuration.php di direktori/folder joomla jadi gak bisa di tulis (644):

    #chmod 644 /var/www/joomla/configuration.php


Nah... Joomla udah kepasang dah di laptop Gw :P



Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):