Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

12 Mei 2009

Install Wordpress Di Linux/Slackware

Kalo tadi bahas install Joomla, sekarang Gw install Wordpress di Linux/Slackware di laptop Gw. Sama kayak Joomla, kita harus buat sebuah database buat Wordpress(WP) nyimpen data2nya. Seperti pembahasan Install Joomla, Gw juga asumsiin, kalo lu dah mengkatifkan MySql, dan Apache server, serta udah setting Apache supaya PHPnya bisa jalan. Kalo belum, lihat postingan Gw "Mengaktifkan MySql di Slackware" dan "Mengaktifkan Apache Dan PHP di Slackware".


WP membutuhkan sebuah database untuk bisa jalan, nah untuk itu kita perlu bikin satu database baru buat WP naruh data2 disitu. Langsung aja ya ke cara membuat database baru buat WP:

  1. Buat database baru sebagai root (atau user lain, yang punya hak buat bikin database baru), ganti namaDataBase dengan nama Database yg anda mau, kalo saya sih saya kasih nama wordpress.

    # mysqladmin -u root -p create namaDataBase

  2. Atur privileges database yang baru dibuat (Kalo buat di Internet, perhatikan faktor keamanan, berhubung cuma buat di Lokal kompi doang jadi gw set allow semua)

    • Masuk ke mysql sebagai root (atau user lain, yang punya hak buat bikin database baru)

      # mysql -u root -p

      Nanti masukin passwordnya

    • Atur privilegesnya

      mysql> GRANT ALL PRIVILEGES ON namaDataBase.* TO apache@localhost IDENTIFIED BY 'passAnda';

      Nah.. ntar outputnya mirip kayak gini:

      Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)

    • flush konfigurasi supaya aktif

      mysql> flush privileges;

    • keluar dari mysql

      mysql> quit


Download WP (Versi terakhir aja...) trus ekstrak (dekompresi) ke direktori yang lu mau (terserah, suka-suka, nanti juga di setting di apache servernya). Dalam kasus Gw, WP yang di pake versi 2.7.1 dalam format tar.gz, dan direktori yang Gw pake buat joomla /var/www/wordpress (kalo lu mo make yang laen, terserah aja). Cara-cara instalasinya kayak Gini:

  1. Download WP terbaru dari sini, lalu ekstrak ke direktori yg diingini.

    # cd /var/www/

    # tar zxvf /direktori/tempat/hasil/donlot/wordpress/wordpress-*.tar.gz

    ini otomatis bikin direktori wordpress.

  2. Setting Direktori Dokumen root Apache supaya langsung ke direktori WP yg sudah dibuat. Caranya dengan mengubah setting di file httpd.conf yang ada di /etc/httpd.

    • Ubah baris DocumentRoot supaya langsung ke direktori WP, tentunya ini pake contoh kasus Gw, kalo lu make folder/direktori lain, silahkan disesuaikan.

      DocumentRoot "/var/www/wordpress"

    • Tambah setting untuk direktori WP.

      <Directory "/var/www/wordpress">

      Options Indexes FollowSymLinks

      AllowOverride None

      Order allow,deny

      Allow from all

      < /Directory>

  1. Buat file konfigurasi difolder/direktori wordpress anda, make contoh yg ada aja (wp-config-sample.php), dicopy jadiin file wp-config.php:

    #cp /var/www/wordpress/ wp-config.php

  2. Setting WP dengan mengubah file wp-config.php, sesuai settingan database dan lainnya.

    /** The name of the database for WordPress */

    define('DB_NAME', 'namaDataBase');

    /** MySQL database username */

    define('DB_USER', 'root');

    /** MySQL database password */

    define('DB_PASSWORD', 'passAnda');

    /** MySQL hostname */

    define('DB_HOST', 'localhost');

  3. Setelah settingan selesai, Coba masukin URL http://localhost/ ke browser kesayangan lu.


Nah... WP udah kepasang dah di laptop Gw :P



Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

2 komentar:

  1. Thanks om.. sangat berguna.. mungkin nantinya saya kutip buat di web saya boleh om..? atau nanti kita bisa tukeran lnk..? thanks.. =)

    BalasHapus
  2. Boleh2 aja dikutip mas, asal jangan lupa link sumbernya ya...
    Kalo masalah tukeran link, maaf saya gak nyediain tempat khusus buat tukeran link, mungkin nanti saya taruh di "daftar yang pada teriak" tapi random munculnya :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):