Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

02 Mei 2009

Lagi blogwalking, liat para peminat kriptografi, jadi malu sendiri...

Beberapa situs yang Gw sambangi malam ini, ada situsnya club sandi ugm, blognya mas zaki, dan blog2 lainnya yang males Gw tulis (kenapa pak? kebanyakan ya ROFL) udah bikin Gw malu sama diri sendiri (jah). Mereka Masih pada nulis, ngebahas, dan mempelajari sandi walau tidak bekerja di bidang persandian. Tetapi Gw yang notabene-nya kerja di persandian (Baca: Lembaga Sandi Negara) gak pernah nulis tentang kriptografi di blog Gw. Terlebih lagi sudah hampir 1-2 tahun ini gak lagi ngoprek sandi (halah, masih aja pake bahasa ngoprek).

Ini bermula dari pekerjaan yg Gw dapet, sudah mulai lari dari basic knowlegde Gw (maksudnya persandian?). Memang gak jauh2 amat larinya, tapi sudah gak lagi nyentuh ke teori persandian, lebih pada prakteknya (Contohnya... contohnya...) seperti pembuatan aplikasi penyandian data, perancangan protokol komunikasi antar client server dan lain2 (Malah sampe ke paralel programming).

Sedih memang, ilmu yg Gw dapet selama 3 tahun ini, mulai terlupakan dari hidup Gw. Mungkin ada baiknya Gw bikin blog lagi tentang sandi/kriptografi ya (Halah, punya blog satu aja ngisinya jarang). Tapi yaitu, Gw bukan orang yg pinter nulis (iya, kan mata kuliah sejarah persandian(kalo gak salah inget) aja dapet 5 pas UTS gara2 tulisan gak kebaca ya ROFL). Setelah sedikit merenung (merenung? kapan? kok Gw gak liat) HALAH BERISIK NIH (Jah diomelin) Gw perhatiin kayaknya orang2 dikantor Gw sudah mulai banyak yg kayak Gw (atau Gw yang kayak mereka ya? Wakakakak)

Mungkin someday, Gw bakal bikin tulisan tentang kriptografi lagi, paling tidak Gw mulai baca2 update ilmu kriptografi lagi. Do'a in aja ya....
dan sebagai awal permulaan, gw bikin label kriptologi di blog Gw ini.

--------
di post di http://gandiwibowo.blogspot.com/ jadi buat yg baca dari FB Gw, sekali-kali mampir ya :D

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

6 komentar:

  1. Saya sih nggak menekuni dunia persandian karena nggak gitu tertarik, wlopun banyak yg bilang saya jago komputer dan klo belajar persandian pasti tambah jago lagi. Saya mikirnya masih banyak bidang yang bisa dipelajari, kayak web programming ini. Saya juga mikir, klo ilmu persandian aja nggak bisa berdiri sendiri tanpa didampingi bidang ilmu lain.

    Jadi, kalau ada yang kepingin mengaplikasikan ilmu persandian di web programming, marilah kita berkoalisi, he3.

    Tapi web programming saya juga ga jago-jago amat.

    BalasHapus
  2. Wakakakakaka... setuju, terlalu banyak yang harus/mau dipelajari tapi otaknya cuma satu... makanya kita bagi2 aja :P

    BalasHapus
  3. Perlu ditulis persandian dari pandangan praktisi :)

    BalasHapus
  4. Iya nih mba.. Masih blom sempet lanjutin nulis materi kriptografi/persandian

    BalasHapus
  5. wah bang setuju banget bang.....tapi dah mulai dikit-dikit ni bang

    BalasHapus
  6. Jah... Zaenal toh... Gw kata sapa.. Ayo.. Tulis-tulis..
    Gw juga baru mulai nulis **sembari baca** kripto lagi nih.

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):