Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

12 Mei 2009

Mengaktifkan MySql di Slackware

Judul ini mirip sama judul postingan temen Gw si Abe "Mengaktifkan Mysql di Slackware 12.1", bukan bermaksud Foto Kopi atau CoPas atau plagiarisme atau nyontek. Tapi tulisan ini emang udah banyak betebaran di dunia antah barantah sana (Terus kenapa lu mo nulis Ginian lagi?). Berhubung blog ini tujuan utamanya adalah buat nuangin catetan Gw, biar Gw gak lupa (Oh iya.. itu makanya sekarang deskripsi Blognya jadi "CATATAN SI PELUPA" ya?), makanya Gw tulis lagi disini.


Awal punya cerita, kenapa Gw nulis ini, adalah sewaktu Gw mo belajar Web Programming (Apa Hubungannya coba), gw mo install Joomla N Wordpress di Lepie yang isinya Slackware. Nah dua-duanya itu butuh MySql buat databasenya, makanya Gw musti aktifin MySql di Slackware Gw (Oh iya, Slackware dah default ada MySQL, dan Gak perlu install lagi kan..). Slackware sudah si sertakan banyak library, baik untuk pemrograman database, dijadiin web server, atau lainnya, semua cuma perlu di aktifkan. Sewaktu Gw mo Aktifin tuh MySql, Kok mysqld shutdown terus.. Padahal dulu Gw dah pernah aktifin MySql Di lepie Gw dan Gak ada masalah.


Rasa penasaran Gw berkata kalo Gw lupa satu langkah.. ternyata Benar, Gw blom install database "mysql"-nya ROFL (Bodoh). Jadi gini cara buat aktifin MySQl di Slackware:

  1. Ubah rc.mysqld di /etc/rc.d/ supaya bisa dieksekusi

    su -c “chmod a+x /etc/rc.d/rc.mysqld”

  2. Install database “mysql”

    # mysql_install_db

    # chown mysql.mysql /var/lib/mysql/ -R

  3. Jalanin daemon mysql, Bisa dengan merestart kompi atau:

    # /etc/rc.d/rc.mysqld start


Nah.. udah deh tuh MySql running disystem kita. Selanjutnya tinggal lakuin apa aja yg mau kita lakuin dengan mysql. Sebagai pengamanan, ada baiknya password root di mysql diganti (Soalnya, defaultnya gak pake password).

# mysqladmin -u root password 'PasswordLu'


Ok.. Finish :D


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

2 komentar:

  1. hhm lumayan nambah ilmu lagi...soale lagi seneng juga saya belajar mysql

    BalasHapus
  2. baru keluar, sudah ada yg komentar...
    Ini Rangkaian pertama dari proses instalasi Wordpress dan joomla di Linux/Slackware mas..
    **Lagi nulis postingan.. eh ada notif komentar baru :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):