Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

12 Mei 2009

Ngenet make E220 di Linux/Slackware dengan ISP Indosat Broadband 3G di KDE 3

Beberapa hari lalu ada senior Gw (Bang amri) nanyain “gmana cara make modem di kde”, karena dia lagi make kubuntu (Biasanya dia make ubuntu dengan desktop managernya Gnome). Kebetulan bangat Gw lagi Online make modem E220 menggunakan ISP Indosat, dengan paket Indosat 3G Broadband Eco yang sekarang udah gak dijual lagi (huh). So pasti, Gw gak bisa jawab detail, Soalnya Gw lupa ROFL (Dasar pelupa). Nah supaya Gak lupa lagi, Gw tulis aja di blog ini OK... (OK deh kakak). Lagi pula, ini blog emang buat catetan Gw si Pelupa :P


Gw gak bahas, apakah E220 udah kedetek atau belum di Linux lu, pokoknya asumsi Gw tuh modem dah kedetek.. Saat kedetek, E220 akan ada di /dev/ttyUSB0 dan /dev/ttyUSB1 (di Slackware Gw sih :P, tapi kalo gak salah didistro lain juga begini), Gw mo tunjukin Gmana setting make KPP di KDE 3.5 (mungkin berlaku global di KDE 3.x), sedang untuk KDE 4.x Gw lupa settingnya (waktu itu setting laptop oorang, Gw sendiri blom make KDE 4). caranya Gini, pertama tambahin account ISP baru

  1. buka KPP (ada di menu -> Internet->KPP)

  2. di TAB “Accounts” bikin baru (“New”) dan pilih “manual setup”, soalnya indonesia blom masuk..

  3. isi kotak “Connection Name” di Tab “Dial” dengan nama yg mewakilkan ISP yg digunakan, dalam kasus Gw dipake nama “Indosat 3G”.

  4. pada Phone Number (Masih di Tab “Dial”) tambah sebuah nomor baru (Klik “add”) dan isikan *99#

  5. lalu pilih “OK” untuk menyelesaikan setting Account


Setelah account ISP ditambahkan sekarang setting Modemnya, Caranya:

  1. pilih tab “Modems”

  2. lalu klik “New” untuk menambah modem.

  3. Isi Kotak “Modem name” dengan nama yg mewakili modem yg digunakan, dalam kasus Gw namanya “e220”

  4. pilih “Modem device”ke “/dev/ttyUSB0”

  5. “Flow control” biarkan di set ke “Hardware [CRTSCTS]”

  6. Untuk “Line Termination” gunakan “CR”

  7. Connection Speed” Gw make 115200 (Ngikutin waktu di windows).

  8. Lalu pilih tab “Modem”->”Modem Commands...”

  9. Set “Initialization string 2” ke 'AT+CGDCONT=1,"IP","indosat3g' (Gak pake petik satu ').

  10. lalu klik OK, dan OK lagi...



Setelah selesai menyetting Accounts dan Modems, klik “OK”, masukan Login ID dengan “indosat” dan Password “indosat”.Coba deh Connect.....


Terkadang, Sinyal 3G didaerah kita jauh lebih lemah dari sinyal GPRS shingga memaksa Modem Bekerja di mode 2G. Untuk mensetting supaya modem selalu bekerja di 3G bisa di masukan perintah “AT^SYSCFG=14,2,3FFFFFFF,2,4”. Setting ini bisa dimasukin melalui Terminal di Modem pada KPP atau melalui minicom. Kalo make KPP caranya: Pilih “Configure” -> “Modems” -> pilih modemnya lalu klik “Edit”, pilih tab “Modem” -> “Terminal...” nah disinilah kita ketik perintah tadi.


Perintah lainnya tentang bekerja di Mode 3G atau 2G adalah:

Apa aja : AT^SYSCFG=2,0,3FFFFFFF,2,4

hanya 2G : AT^SYSCFG=13,1,3FFFFFFF,2,4

hanya 3G : AT^SYSCFG=14,2,3FFFFFFF,2,4

Dahului 2G : AT^SYSCFG=2,1,3FFFFFFF,2,4

Dahului 3G : AT^SYSCFG=2,2,3FFFFFFF,2,4


Nilai 3FFFFFFF adalah Band Operasi dari E220, bila menggunakan ISP lain, bisa ganti Bandnya sesuai operator. Arti dari nilai Band2 itu:

Any band : 3FFFFFFF

EGSM(900) : 00000100

DCS(1800) : 00000080

PCS(1900) : 00200000

GSM850 : 00080000

WCDMA2100 : 00400000


OK semoga bermanfaat, kalo ada masaalah, silahkan Googling, baca man, tanya diforum atau tanya Gw :P


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

2 komentar:

  1. wah, berarti selama ini njenengan pakai linux ya om?
    keren...
    aku belum mahir pakai linux sih, jadi tak format lagi CPUku, trus tak instal windows aja, walaupun bajakan. hehehe :P

    BalasHapus
  2. Iya mas.. Saya make Linux/Slackware...
    Jangan panggil "OM" dong, kesane wis tua tenan

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):