Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

30 Mei 2009

TERMINATOR : SALVATION; SINETRON DENGAN EFEK YANG MENAWAN

Hari Kamis 28 Mei 2009, tertantang akan ajakan bang Yudis (Kapan Blog lu yg baru, dibenerin sih?) bulan kemaren sehabis nonton knowing, sekarang beberapa peserta Bid. Algor yang kemaren sudah mengetahui kembali ke Kampung Pejaten untuk menghentikan penyelamat (Halah ngomong opo toh?). Hehehehe.... Maksudnya Gw berlima, 4 dari Bid. Algor (Bang Yudiz, wildan, Ikhsan, ma Gw dah) dan satu penyusup (ariadi), Kamis kemaren ke XXI di Pejaten Village nonton Terminator:Slavation. Sebetulnya, dihari itu bukan cuma kami berlima yg ke pejaten Village si Esti dan uni juga jalan kesitu, tapi bukannya nyari keselamatan eh mereka malah jalan2 di museum malem2 (Maksudnya nonton Night in Museum bukan nonton terminator:salvation).

Kenapa kok Gw jadi sering nonton film di Bioskop ya? Sebuah pertanyaan yg sempet keluar dari mulut mba Meyli. Ya.. Seumur-umur Gw, Terminator:Salvation ini merupakan film ke 4 yang Gw tonton di Bioskop. Film pertama Gw tonton waktu SD, film perjuangan, yang kedua suster ngesot, waktu si Yon HUT, yang ketiga Knowing dan ini yg keempat. Bukan sebuah kejadian tanpa alasan, Secara alaminya Gw emang orang yang suka nonton film, tapi selama ini Gw nonton di TV, gak peduli film lama, terkenal, dapet penghargaan atau cuma film yang terlupakan di zamannya, Pasti Gw tonton, asal ceritanya gak kayak sinetron. Tapi akhir2 ini Gw gak pernah nonton TV :( jadinya, ya ini lah pelampiasannya (maaf Gw lagi menghindari yg bajakan :D)

Terminator:Salvation yang kalo diliat dari trailernya menakjubkan, ternyata memang menakjubkan, tapi cuma dari sisi efek suara dan video aja. Sedangkan dari sisi alur cerita, sumpah Gw nyesel musti nonton film ini, mending juga jalan2 kemuseum (kali), ceritanya kayak cerita sinetron yang gampang ditebak. Alurnya jelas, gampang bangat buat tahu siapa penjahat, siapa jagoan. Kalo nontonnya di TV, pasti dah Gw ganti nih channel. Dari pada Gw ngoceh gak jelas terus, mungkin sekarang waktunya Gw bahas aja tuh Film ya (Jah kan yang nulis itu lu, kenapa pake nanya, terserah lah..).

Sekilas (aja) Tentang Terminator:Salvation
Terminator:Salvation (Abis ini Gw nulisnya T4, soalnya kepanjangan kalo musti lengkap) adalah film yang mulai beredar di Indonesia sejak tanggal 27 Mei 2009 (Baru sehari beredar Gw dah nonton.. Rekor Oi), yang aktor utamanya si Christian Bale sebagai John Conor (Hmm Conor si Bale, Konor di Bale, Kolor di Bale ROFL), juga Sam Worthington buat jadi si Marcus. Pemeran lainnya:
  • Moon Bloodgood ... Blair Williams
  • Helena Bonham Carter ... Dr. Serena Kogan
  • Anton Yelchin ... Kyle Reese
  • Jadagrace ... Star (as Jadagrace Berry)
  • Bryce Dallas Howard ... Kate Connor
  • Common ... Barnes
  • Jane Alexander ... Virginia

Jangan harap ada embel2 pembuka di film T4 ini,karena ini film lanjutan (Kalo Gw bilang malah permulaan) dari film Terminator2 lainnya. Ceritanya dimulai pada tahun 2018 (Kalo Benjamin Button Kemaren 1918, kenapa seneng angka 18 ya?), sewaktu si conor mo ngambil data dari sebuah (Apa ya namanya, sebut aja pangkalan ah) pangkalan SkyNet dengan serangan cepat, tepat, ketupat (eh). Dari awal udah dikasih tau (lewat ucapan2 para pemainnya) kalo itu merupakan jebakan. Jadinya gw gak heran kalo ternyata itu emang jebakan :)).

Data yg diambil dari pangkalan itu berupa rencana pembuatan terminator jenis baru Terminator T800 model 101, yang berupa terminator dengan daging dan kulit (yang dulu2 kita tonton deh). Pangkalan itu di bumi hanguskan oleh Skynet, smua temen2nya Conor mati semua, cuma dia yg Hidup. Di sini ada adegan yg Gw suka, diwaktu Helikopternya Conor jatuh.. waw Coba kursi Bioskopnya bisa Goyang2 kayak di Dufan :D.

Ternyata dari pangkalan itu, bukan cuma si Conor yg hidup. Marcus juga keluar tanpa luka dari sana, marcus ini seharusnya udah mati dan mendonorkan tubuhnya buat penelitian. Dari sini aja Gw dah tau kalo dia itu terminator, dan pasti bakal jadi musuhnya Conor.

Si Connor balik kepangkalan pemberontak (Resistance) dan nanyain apa yg di dapet dari hasil penyerangan pangkalan Skynet tadi. Disini john dikasih tau kalo pemberontak dah nemu sebuah frekuensi yg bisa bikin mesin2 pada mati, tapi blom di uji. John Pun nyanggupin buat nguji, dan dalam 4 hari serangan besar2an bakal dilakuin kalo hasil uji itu berhasil (yang ternyata emang berhasil, tapi ternyata ini juga jadi boomerang buat mereka, penasaran kan :D).

Lanjut cerita si marcus... Marcus ketemu Kyle Reese (Bapaknya Connor, tapi masih remaja) sewaktu dia diserang T600 (model terminator nih) gara2 maen teriak2 aja manggil tuh mesin. Sembari diceritain kisah yg terlewat ama dia, marcus benerin radio di “Markasnya” Kyle. Saat radio itu berhasil di benerin eh kedengeran suara John Connor yg bilang bakal ada penyerangan. Nah tuh dia betiga (Oh iya si Kyle jalan bareng ama Star, Gw juga gak tau sapa nih anak) pada cabut dari LA buat nyari pemberontak, tapi si Kyle ketangkep Skynet n di bawa ke SkyNet Pusat di San francisco, nah si Marcus selamat (Jatoh Guling kok bisa selamat, jelas nandain kalo dia itu terminator lagi).

Simarcus akhirnya nemuin Blair William, pillot pemberontak yg selamat. Singkat cerita, si Marcus diajak ke pangkalan pemberontak, tempatnya Connor. Sayangnya pas lewat ranjau magnet (Ranjau yg make magnet, soalnya mesinkan besi semua) si Marcus ketempel ranjau di kaki (Halah ni pasti terminator) dan BOOMMMM, Si Marcus emang terminator...

John merintahin buat ngancurin si Marcus, tapi si Blair nyelamatin si marcus. Singkat cerita pas dikejar2 ma pemberontak, si Marcus berhadapan ma John, nah disini marcus bilang kalo kyle ada di markas skynet dan dia mo bantu si connor buat nyelamatin, akhirnya Connor pun luluh..

Kayaknya Gak etis kalo gw ceritain lengkap ya? Kan filmnya juga baru muncul. Pokoknya nanti bakal ketahuan kalo si Marcus ini ternyata diperalat ma Skynet, dia diprogram buat bawa si Kyle reese ama John Connor kemarkasnya Skynet. Begitu Juga frekuensi yg di dapet para pemberontak itu ternyata bohongan dan komunikasi antar pemberontak, cuma menuntun Skynet ke Kapal selam pusatnya Pemberontak.

Nanti si Marcus bakal bantuin Connor yg brantem ama T800, trus si Connornya ketusuk di bagian jantung.. tenang-tenang.. dia Gak mati kok. Si Marcus, nyumbangin jantungnya buat si Connor (brarti marcusnya bakal mati). Trus... tunggu T5 :D

Kelebihan-Kekurangan Terminator:Salvation (Menurut Gw)
Persis kayak judul artikel ini, T4 ceritanya kayak sinetron, gampang ditebak. Tapi untungnya Warner Bros gak make pemain2 yang Gila kayak sinetron2 Indonesia, yang suka ngomong sendiri gak jelas. Jalan ceritanya gak mengajak Otak Gw bergolak.. Gak ada tantangan sama sekali, cuma cukup duduk, denger, dan ... Ah... sumpah mending museum aja dah (Padahal Gw juga blom nonton Museum :p).

Selain cerita yg aneh, kayak sinetron, Gw juga bingung, dulu di Terminator sebelumnya (berapa ya.. Gw lupa :d) si terminator itu menghancurkan diri sendiri dengan loncat ke lelehan baja, sehingga dia meleleh juga. Nah.. kali ini kok si terminator gak meleleh waktu kena lelehan Baja? Wakakakaka cerita kali ini terlalul Lebay kayak sinetron. Oh iya... ada lagi beberapa kesalahan detail pada film ini, yang dibahas di http://www.imdb.com.

Tapi kalo dari sisi efek suara dan video lumayan lah (Walau kalo menurut Gw masih lebih mantab Knowing). Gw hampir gak bisa nyeritain lagi, karena gak bisa replay (Padahal mah karena lupa :D). Kayaknya GI JOE (The Rise of The Cobra) bakal bagus juga nih (efeknya loh, gak tau dah ceritanya), kapan ya nyampe ke Indonesia nih Film.

Makna, Hikmah dan pelajaran dari Terminator:Salvation
Gw gak ngarti ama jalan cerita dari film ini musti diambil dibagian mananya buat jadi hikmah tersendiri, soalnya ceritanya terlalu mudah ditebak, terlalu... Sinetronisme. (Sepertinya) Gak ada maksud tertentu dari penulis naskah dan cerita, yang harus kita gali. Film ini cuma buat memenuhi kehausan kita akan efek2 film yg bagus, atau kehausan para pembesar WarnerBross aka uang (Hush Su'udzon).

Yang Jelas, kali ini Gw gak bisa ambil apa2 karena Gw gak mikir apa2 waktu nonton, Gw cuma mikir “Gmana cara buatnya ya?”, “Kok efeknya bisa kayak Gitu ya?”, “itu efek komputer atau boneka?”, dan pemikiran2 lain yg sama sekali gak nyambung ama ceritanya.

Silahkan tonton Filmnya... tapi Buat yang suka cerita yg menantang, Gw gak nyaranin buat nonton film ini.


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

11 komentar:

  1. Saya nggak ngikutin Terminator je mas, tapi saya suka dengan alasan "doomsday" yang ada di balik Skynet di Terminator 3.

    BalasHapus
  2. Hmmm... Saya juga sebetulnya gak ngikutin Film (apapun) kok,
    Dari semua film yg tayang hari kamis itu, temen2 saya milih film ini mas, jadi saya ikut aja :D

    BalasHapus
  3. wah, padahal aku baru mau nonton, kalo kayak sinetron, jadi males niii

    BalasHapus
  4. Hmmm.. Kalo ngarepin cerita yg lebih seru, Mending nonton yg laen dah...
    Tapi kalo Gak percaya, ya silahkan di buktikan :D

    BalasHapus
  5. saya sudah lama ndak nonton bioskop, ndak tega sama anak saya. sudah seharian ditinggal kerja mosok ya malemnya ditinggal lagi. nanti aja nunggu kalo sudah muncul dvd-nya

    BalasHapus
  6. kemaren habis nonton
    ada arnord telanjang

    BalasHapus
  7. Bukan ah... itu cuma make Up.. Bukan arnoldnya

    BalasHapus
  8. waduh......dirimu hampir mematahkan semangatku untuk nonton tuh film.....tapi tetep penasaran ah....hihihihihi....salam kenal gandi

    BalasHapus
  9. Salam kenal juga, silahkan di tonton... tapi saya gak terlalu merekomendasiin...

    BalasHapus
  10. wah, aku nunggu warnet terdekatku ndownload film ini aja.
    nanti tinggal nonton di kos.
    mau bareng2 sama temen2 kok, sendirian pun tak apalah.

    BalasHapus
  11. aduh jangan ngebajak mas... Kalo bisa minjem VCD / DVD asli nya aja mas, atau nonton di bioskop.. atau tunggu di TV :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):