Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

13 Juni 2009

Jangan nyuruh apa yg Gak mau lu lakuin, dan jangan larang apa yang lu lakuin.

Wow Gw jadi teringat kata2 Gw **sebetulnya sih kalimat :p** waktu kuliah dulu, yang Gw tujuin buat pamong-pamong yang plin-plan itu (Dulu loh). Sekarang kata-kata itu ternyata muncul lagi, tapi bukan buat para pamong, kali ini buat temen-temen disekitar Gw, dan juga buat Gw sendiri.

Jangan nyuruh apa yang gak mau lu lakuin, maksudnya jangan pernah kita nyuruh sesuatu keorang lain yang kita sendiri gak mau ngelakuin. Kenapa kita gak mau ngelakuin? Mungkin karena memang susah, mungkin karena kita males, atau mungkin karena kita fasik. Apapun alasannya, sesuatu yang gak mau kita lakuin jangan pernah kita suruh orang lain untuk melakukannya.

Jangan nyuruh apa yang gak mau lu lakuin, contohnya: Waktu kuliah pamong-pamong itu minta supaya kami para mahasiswa memberi salam setiap ketemu mereka, tapi ketika sudah diberi salam ternyata mereka gak mau bales (Mungkin karena kebanyakan yg ngasih salam Wakakakaka). Contoh lainnya kita menyuruh seseorang buat Shalat **selalu** tepat waktu padahal kita sendiri selalu telat shalat atau bahkan gak shalat. Cuma itu doang? Ya nggak toh... itu kan cuma contoh, mungkin buat diri masing2 punya contoh sendiri, silahkan direnungi aja.

Jangan larang apa yang lu lakuin, maksudnya jangan pernah kita melarang sesuatu keorang lain yang ternyata kita sendiri melakukan itu. Kenapa kita larang orang lain buat ngelakuin itu? Mungkin karena kita tahu itu gak bener, mungkin karena kita tahu itu salah, atau mungkin kita tahu kalau itu melanggar peraturan/hukum. Lalu kenapa Kita melakukannya? Ya sama ama alasan di “Jangan nyuruh apa yang gak mau kita lakuin”.

Jangan larang apa yang lu lakuin, contohnya: Waktu kuliah dulu, para pamong-pamong itu melarang pacaran di kampus, tapi mereka godain para mahasiswi, atau mereka melarang merokok tapi dimulut nyempil tembakau. Contoh lainnya kita melarang seseorang untuk mabuk2an, berbuat zina, korupsi, kolusi, Nepotisme atau lainnya sedangkan ternyata kita juga melakukannya **Secara sengaja atau pun gak**. Cuma itu doang? Ya nggak toh... itu kan cuma contoh, mungkin buat diri masing2 punya contoh sendiri, silahkan direnungi aja.

“Ah Gan, lu ngomong doang... jangan2 lu juga kayak gitu”, nah ini yang nyebabin Gw tulis kalimat ini lagi. Gw takut jangan2 Gw masih munafik atau hipokrit, ini cuma renungan malam Gw yg terbangun di malam hari. Terkadang hal-hal seperti ini sulit terlihat oleh mata sendiri, seperti pepatah yang bilang “Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata hilang”, makanya Gw tulis disini, mungkin aja yg baca ini bisa ngeliat kekurangan Gw dan mau memberitahu Gw (Dapet pahala loh...). Karena memang manusia itu sebetulnya dalam kerugian, kecuali **salah satunya** yang saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.

Lalu apa maksud lu nulis kali ini sih Gan? Mau nyindir? Mau pamer? Atau apa?... tenang-tenang Gandi gak mau nyindir **Kalo kesindir ya salah sendiri**. Gw juga Gak pamer, Gw cuma mau minta tolong:
Tolong Ingetin Gw kalo Gw munafik, hipokrit, atau Fasik.

Dan disini Gw juga ngingetin **Gw dan** kalian supaya jangan munafik, hipokrit, dan Fasik. Gw teringat kenapa Gw berhenti merokok, Gw ingat itu karena Gw munafik (Walau subyeknya Beda) mau nyuruh sesuatu keorang lain, tapi ternyata Gw masih ngelakuinnya (Walau dalam bentuk lain).

Ah... Udah Ah... Curhat malem ini, ntar lama-lama sifat munafik, hipokrit dan fasik Gw keluar lagi.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

8 komentar:

  1. Hipokrit berasal dari bahasa Yunani ὑποκρίτης (hypokrites), yang artinya orang yang berpura-pura memiliki sikap yang baik, tetapi perbuatannya sangat bertolak belakang dengan sikapnya.

    BalasHapus
  2. wah pelajaran moral yang mantap nich,.... makasih bro udah ngingatin.

    BalasHapus
  3. kenapa ga ditulis plin-plan ajah...

    BalasHapus
  4. @Mas Bonjun: sama2 mas...

    @Wijna: plin-plan itu sikap yg berubah2 kalo hipokrit lebih kayak munafik..

    BalasHapus
  5. the same thing i always heard from you, do as i say not as i do

    -metallica-

    BalasHapus
  6. Tul mas tapi kalo yg melakukannya orang yang jauh sangat lebih tua. Pasti kita bakal kalah juga. Biasanya jargon andalannya. # jangan ngebantah entar durhaka # hehe kalo dah gitu seribu kebenaran yg muncul dari kita rasanya sia sia mas..

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):