Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

14 Juni 2009

Kriptologi (lagi): Sandi Caesar

Kenal sama yang namanya julius Caesar? Sapa sih yang gak kenal, seorang kaisar Roma yang lahir dengan operasi caesar, tapi Gw gak mau bahas si Caesar ini, atau operasi caesar yang bikin ibu2 bisa FB-an beberapa jam(malah menit) sehabis melahirkan (Abis ngelahirin langsung bisa berbales Komen ROFL). Kali ini Gw mo bahas tentang sandi yang di pake si Caesar buat berkomunikasi ama jendral-jendralnya dimedan perang. Seperti apa sih sandinya?

Sistem sandi yang dipake oleh si Caesaer ini sangat simple. Sistem sandi Caesar (Ah.. kepanjangan, Selanjutnya setiap Gw sebut Caesar maksudnya sistem sandi Caesar bukan si Jullius Caesar atau operasi caesar, atau malah kue rangi ROFL), merupakan sebuah sistem sandi termudah untuk dipahami. Caesar cuma mengganti setiap huruf alphabet dengan huruf yang lain, sesuai urutannya (contohnya.. contohnya). Sebagai ilustrasi begini:
Teks terang (Teks Asli ) : ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Teks Sandi (Teks Rahasia): DEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZABC

Jadi huruf “A” diganti make huruf “D”, huruf “B” diganti make huruf “E”, huruf “C” diganti make huruf “F”, huruf “G” diganti make huruf “J”, huruf “Z” diganti make huruf “C”, begitu juga ma huruf2 laennya. Jadi kalo mo nulis “GANDI WIBOWO GANTENG” jadinya “JDQGL ZLERZR JDQWHQJ” didapet dari:
Teks terang: G A N D I W I B O W O G A N T E N G
Teks Sandi : J D Q G L Z L E R Z R J D Q W H Q J
Nah sewaktu mau buka sandinya, kita pake tabel kebalikannaya:
Teks Sandi : ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
Teks terang: XYZABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVW
lalu huruf2 sandi itu di subsitusi (Ini sebabnya Caesar termasuk sistem sandi subtitusi, pembahasan sistem sandi subtitusi lain kali aja ya :p) sampe di dapat kalimat aslinya.

Sebetulnya proses menyandi dan membuka itu bisa dijadiin sebuah perhitungan matematika, yaitu dengan mengganti huruf “A” sampe “Z” dengan angka “0” sampe “25” dan kita pake operasi penjumlahan dan pengurangan MODULUS 26 atau kalo gak salah waktu SMP kita nyebutnya bilangan basis 26.
huruf: A B C D E .... Z
Angka: 0 1 2 3 4 .... 25
Setiap menyandi, setiap huruf diterjemahkan ke angka, ditambah 3 (modulus 26) dan dikembalikan ke huruf lagi. Dan saat membuka, setiap huruf diterjemahkan ke angka, dikurangi 3 (modulus 26) dan dikembalikan ke huruf lagi.
C = (P + 3) Mod 26
P = (C - 3) Mod 26

Nah kita contohin lagi make kalimat yang sebelomnya: “GANDI WIBOWO GANTENG” make rumus matematika:
“G”: (G = 6)
C = (6+3) Mod 26 = 9 = J

“A”: (A = 0)
C = (0+3) Mod 26 = 3 = D

“N”: (N = 13)
C = (13+3) Mod 26 = 16 = Q

“D”: (D = 3)
C = (3+3) Mod 26 = 6 = G

“I”: (I = 8)
C = (8+3) Mod 26 = 11 = L
dan seterusnya.

Nilai 3 merupakan nilai pergeseran yang dipakai oleh si Jullius Caesar, dengan memodifikasi nilai ini sesuai perjanjian antar dua pihak yg berkomunikasi, kita bisa membuat sebuah sistem sandi yang lebih rumit lagi. Nanti Gw bahas lagi deh... Masih banyak rupanya yg musti dibahas, Kriptanalisa dari sandi ini aja blom Gw bahas :D.

Sudah ya sampe sini dulu, Gw ngantuk (Sama... kepanjangan sih).

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

6 komentar:

  1. wah,...terima kasih brader,...setiap berkunjung ke blog ini pasti nambah ilmu. VDOXW,...hahahaha

    BalasHapus
  2. hehehehe jadi inget seorang teman yang tugas akhirnya ngurusin enkripsi gini, disuruh encripi program yang lebih daro 10 karakter dia he eh...aja...padahal bisa bikin mumet tuh :P

    nice posting

    BalasHapus
  3. jongkok nyungsep gue bacanya....
    *ngurek2 tas cari korek ama rokok* hehehe

    BalasHapus
  4. modulus? itu bukan nama boyband ya? sampeyan ini mau latihan jadi agen rahasia tho :))

    BalasHapus
  5. @mas Bongjun: Sama2 bro... saya juga salut sama sampean yg nolak jadi PNS :D

    @Mba Eka: Maaf ya mba, tulisannya lagi pengin sedikit serius sih :D

    @Mba Ria: Oh ya? Wah... sapa tuh mba?

    @Frozzy: Eh.. masih dunhill-an nih?

    @Mas Stein: Hehehehe.. Bukan agen rahasia mas, cuma penyampai berita rahasia kok..

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):