Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

11 Juni 2009

Kriptologi : Perkenalan

Kalo kata orang: “Tak kenal maka tak sayang” so mari kita kenalan (loh dah kenal kok, lu Gandi kan? Di dunia maya kok make nama nyata?). Bukan... bukan kenalan ama Gw, tapi kenalan ama Kriptologi.. lagi pula apa salahnya Gw pake nama asli, kan bisa jadi ajang promosi (Jah.. Narsis abis). Kriptologi.. sebuah kata aneh, aneh karena itu kata serapan yang **Gw sendiri gak tau udah atau** blom masuk kamus besar bahasa Indonesia.

Kriptologi diambil dari kata Cryptology yang **juga** diambil dari kata dalam bahasa yunani Kryptos (Tersembunyi, Rahasia) dan logia (ilmu). Jadi Kriptologi bisa diartiin jadi: “Ilmu yang mempelajari tulisan rahasia.”. Tulisan? Ah.. itu cuma pengartian jaman dulu aja.. karena dulunya penyampaian berita rahasia itu cuma dari lisan dan tulisan. Kalo sekarang, tulisan bisa diartikan sebagai data digital, sehingga bisa diartikan sebagai “ilmu yang mempelajari pengolahan data rahasia”. Males ah sama urusan asal-usul kata.. apa lagi kalo serapan (Slurp). Langsung aja ke intinya, nanti kalo ada kata2 yang merupakan serapan dari kata lain, Gw langsung rujuk ke sumber lain di Internet aja.

Kriptografi dibagi jadi dua jenis, yang satu **Biasa disebt kriptografi** ngurusin “Gmana cara nyembunyiin data/berita dari pihak yang gak diingini”, sedang yang satu lagi n**biasa disebut kriptanalisa** gurusin “Gmana cara mengetahui data/berita yang tersembunyi tanpa harus mengetahui kunci penyandiannya”. Dah persis kayak kriminologi yang juga punya dua sisi, Kriptologi juga punya dua sisi.

Nah.. dah kenal kan? (Tetep aja, kagak ngarti... cuma bayang2 doang.. contohnya dong). Buat gambaran nyata, Gw coba kasih beberapa penerapan kriptologi, mulai dari yg cuma dikenal doang, sampe yang pada dipake **tapi kadang gak disadari** banyak orang. Tau sandi morse? Sebetulnya ini lebih dicocok disebut kode morse, bukan sandi morse... (Ah... nanti aja Gw jelasin bedanya) ya itu satu contohnya.

Anda punya kartu ATM? Tau gak, setiap make ATM,, lu dah make beberapa algoritma Enkripsi (sandi) yang termasuk peajaran/materi dalam kriptologi. Algoritma itu **Diantaranya, mungkin berbeda tiap bank** adalah RSA, AES, atau DES. Mau tau lebih banyak? Nanti aja ya... Nguantuk tenan Oi...

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

3 komentar:

  1. dengan ilmu itu kita akan tahu sejarah masa lalu orang-orang terdahulu dan bisa mengambil pelajaran yang berharga kan

    BalasHapus
  2. Hmmm.. pertanyaan ini juga pernah ada yg nanya ke saya deh.. **Mencoba mengingat-ingat, dengan klak-klik buka File Log**

    kayaknya mas hanif penggemar Dan Brown ya? tenang mas.. itu pembahasan yg berbeda...

    BalasHapus
  3. ini yang sampeyan tulis satu menyembunyikan satunya lagi mencari?

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):