Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

27 Juni 2009

prioritas dan tujuan ibadah

"Amal soleh yang kalian lakukan tidak bisa memasukkan kalian ke surga". Lalu para sahabat bertanya: "Bagaimana dengan Engkau ya Rasulullah ?". Jawab Rasulullah SAW : "Amal soleh saya pun juga tidak cukup". Lalu para sahabat kembali berta nya : "Kalau begitu dengan apa kita masuk surga?". Nabi SAW kembali menjawab : "Kita dapat masuk surga hanya karena rahmat dan kebaikan Allah semata".
Gw gak tau ini hadist riwayat dari mana, tapi yang jelas sewaktu shalat jum'at kemaren ini diucapkan oleh Khatib. Beberapa tulisan didunia maya seperti di Gp-Anshor, blognya aditya pratiwi, milis syiar-islam, juga blognya mumuh, dan blog2 lain yang kebanyakan kalo Gw tulis; menuliskan hadist diatas sebagai rujukan, walau memang gak ada yg nyebutin hadist riwayat siapa. Kalo ada yg tahu, tolong dong...

Ternyata, bukan shalat, zakat, senyum, atau amal shaleh kita lainnya yang bikin kita masuk syurga. Ternyata pahala yang banyak, dan dosa yang sedikitpun blom jadi jaminan kita masuk syurga, kalo kita gak di rahmati Allah SWT. Ternyata shalat, zakat, senyum, atau amal shaleh kita lainnya seharusnya bukan untuk pamer, bukan untuk mencari pahala, tetapi untuk mencari ridho dan rahmat Allah SWT.

Ternyata, bukan kesempurnaan shalat, bukan ketepatan zakat, bukan pula keikhlasan amal shaleh kita lainnya yang membawa kita kepintu gerbang syurga. Tetapi Rahmat Allah yang menuntun kita ke pintu Gerbang Jannah. Ternyata kasih sayangNya yang membukakan pintu kekar syurga.

Terus kalo gitu lebih baik kita gak perlu ngelakuin shalat, zakat, senyum, atau amal shaleh kita lainnya, yang penting akhlaknya? Bukan itu... Siapa sih yang bakal sayang, kalo kita gak nurutin kata2nya? Begitu juga Allah, kita lakuin itu semua untuk mengaharap rahmatnya, kasihnya, sayangnya.. Kalo kita gak ngelakuin itu semua, ya gmana bisa disayang? Wallahu'alam.

Ditambah postingan pak ustad shadiq yang menarik berjudul “Dalam menjalani Islam, utamakanlah yang mudah/ringan!”. Nyadarin Gw, dalam hal pengambilan prioritas ibadah. Jangan sampe keinginan sempurna dalam beribadah itu mengalahkan kemauan kita beribadah, atau mempersulit kita dalam beribadah. Gak ada seorangpun yang ibadahnya sempurna! Sekeras apapun kita berusaha, tetep aja ada cacatnya. Jangan berlebih-lebihan, termasuk dalam beribadah.

Ternyata Gw masih harus terus merenungi dan memperbaiki hidup yang udah kepake seperempat abad lebih ini.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

3 komentar:

  1. hari ini,
    aku dimaki-maki Mas
    aku: cowok gak punya perasaaan ..

    BalasHapus
  2. kadang dalam hidup, kita tersandung tantangan oleh karena kesalahan kita sendiri, Diantara tantangan yang aku hadapi adalah Mendapat JULUKAN : C.G.P.P (cowok gak Punya Perasaan). ah,
    ..
    aku mengakui, jika aku khilaf, aku salah,namun ilyasafsoh tidakboleh berdiam diri oleh julukAN CGPP tersebut, ilyas afsoh sedang mempersiapkan diri menyambut kesuksesan yang lebih besar, yang banyak memberi manfaat pada banyak Umat.

    Sahabat, aku minta doa- doa dari Anda.

    Agar Label CGPP ini : memberi / menjadi batu titik tolak BANGKITNYA ilyas afsoh menjadipribadi yang lebih santun, yang lebih menghormati sesama, dan menghormati diri sendiri.

    Ya ALLAH,

    dan Para Sahabatku Para Blogger, dukunglah aku menjadi Pribadi yang lebih santun. Berikan Aku dukungan ….

    dukungan

    semangat

    support

    ILYAS AFSOH | 088 1296 3105 | Aku bukan CGPP
    http://ilyasafsoh.wordpress.com/2009/06/27/c-g-p-p/

    BalasHapus
  3. Gak semua orang bisa menasehati dengan baik, terkadang mereka nasehatin lewat makian, jadiin aja makian itu sebagai nasehat... **Duh.. Hipokritkah saya?**

    Saya dukung semoga mas jadi pribadi yang lebih baik, lebih santun.. semangat mas :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):