Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

12 Juli 2009

Ice Age : Film Komedi Aja Penuh Makna

“Ice age dah ada di pevil”

“Gw malem ini nonton jam 11“

Dua baris chat yang muncul sekitar pukul delapan malam kemaren (Walau masih satu malam tapi kan dah ganti Hari), Tepat setelah Gw balik Isya, temen Gw memberi kabar gembira (iya gak ya?). Mba Meyli, yang 2 bulan kemaren telah meninggalkan kami waktu mo nonton “Night At Museum” (huh pengkhianat) dia yang telah memberi kabar itu, katanya sih dia mo nonton ama keluarga2nya.


Kecewa dengan dua film terakhir yang Gw tonton di Bioskop, bikin sedikit ragu2. Tetapi “Ice Age” adalah satu dari beberapa Film yang emang Gw tunggu, termasuk nanti “GI Joe” ama “Aliens in the Attic”. Walhasil walau gak ada temen, Musti midnight dan gak ada kendaraan, Gw paksain buat nontonnya **Lagi pula, itung2 survey, Gw mo Ajak ponakan nonton nih film soalnya, cuma musti difilter dulu kan?**.


Jam sembilanan Gw cabut, beli tiket **Gak satu jalur sama mba meyli, soalnya dia dah beli duluan** dan Gw nunggu waktu mulai **Jam 11 Oi** sambil baca2, liat2 buku di Gramedia **Gak seru gramed di PV, gak lengkap kecewa ah**. Syukur bangat malam itu Gw gak bawa Cash yang berlebih, n juga di PV gak ada ATM, walhasil No buku yang Gw beli **cuma Film Buat wanti2 kalo Ice Age Gak seru**.


Dari pada Gw banyak bahas hal2 diluar film ini, Mending langsung aja bahas filmnya ah....


Secuil (aja) Tentang “Ice Age: Dawn of the Dinosaurs”

“Ice Age: Dawn of the Dinosaurs” adalah film yang mulai beredar di Indonesia sejak tanggal 1 Juli 2009 (Sesuai info www.imdb.com loh), Make suara-suaranya:

  • John Leguizamo ... Sid

  • Denis Leary ... Diego

  • Ray Romano ... Manny

  • Josh Peck ... Eddie

  • Queen Latifah ... Ellie

  • Simon Pegg ... Buck


Ice Age, seperti 2 cerita sebelumnya, selalu mengisahkan tentang petualangan dan penyelamatan yang dilakuin oleh sekelompok Hewan-hewan di Jaman Es. Kali ini, cerita dimulai dari gejolak perpecahan yang timbul dalam kelompok itu. Manny yang udah maried ama Ellie dan sekarang lagi nunggu seorang anak bikin si Manny jadi sensitif dan kurang bijak sana (Padahal dari film pertama Gw pikir si Mamoth ini tokoh yg mewakili sifat bijaksana). Si Diego macan yang udah mulai ketuan dan mulai kehilangan kemampuannya berburu **Karena tinggal ma temen2nya itu dia jadi gak pernah berburu lagi** mau Cabut dari kelompok itu, dan dengan kesensitifan Manny, pergilah diego.


Sid, seperti biasa, selalu jadi orang terbuang. Sid yang Gw anggap sebagai Ikon sifat kesetia kawanan, kepolosan, kejujuran, juga kebodohan ini Ditinggal Manny yang pergi sama Elllie istrinya, juga ditinggal Diego dengan ambisi petualangnya. Gak disengaja sid nemu telor Dino dari dalem tanah, eh dalem es **kan jaman es**. Dengan Rasa ingin berkeluarganya **Punya anak** dia niat melihara ketiga telur itu. Nah Ini Dia **Aduh kayak kolom dikoran pojok kanan bawah** pangkal masalah dari cerita ini.


Ibu dari ketiga telur itu naek kepermukaan dan mengambil kembali anak2nya **Juga Sid** dan dibawa ke dalem Es. Seperti biasa deh, namanya juga film, sekumpulan sahabat itupun pergi nyelamatin si Sid, tapi kali ini plus satu dan bakal satu (Jah apa ini) kan si Ellie istri manny ikut juga, bareng sijabang bayi yg blom keluar (oh). Singkat cerita mereka nemu sebuah dunia yang gak terselimuti es, dimana isinya itu semuanya dinosaurus yang dianggap udah punah.


Kalah Ukuran, jumlah, dan pengetahuan, kelompok itu pun jadi bulan2an teror Dino. Tetapi untungnya ada Buck, sejenis musang, yang juga terjerumus di dunia itu bertahun2 lamanya **Dia dah kayak Tarzan gitu deh**. Buck selalu nyelamatin kawanan itu dengan pengetahuan, keahlian dan pengalamannya. Tetapi bukan Ice Age kalo isinya tokoh-tokoh waras, si Buck juga RaGil (aka Rada Gila Wakakaka). Maklum mungkin karena sudah terlalu lama hidup sendiri, dan selalu berjuang untuk hidup dari bahaya2 besar yang mengancamnya.


Segala aksi menawan yang aneh, gokil, ajaib, atau apa aja dah, semua keluar... Mencoba mengocok-ngocok isi perut Gw supaya ikut keluar **Untung Gw punya filter tenggorokan**. Beragam kisah atau cerita kepahlawanan juga muncul disini, kayak waktu anaknya si Manny mo lahir, wedew si Diego yang tadinya berpikir itu bukan keluarganya, dan juga berpikir kalo dia udah kehilangan keahliannya jadi berani, kuat, keukeuh, mempertahankan ellie dari serangan Dino.


Selain itu, kisah romantispun banyak terjadi, semisal kisah si Scrat, tupai yang ngejar2 kenari itu loh. Akhirnya dia nemu lawan jenis yang bisa ngalahin ambisinya terhadap si kenari. Ada juga kisah-kisah pertemanan atau persahabatan yang muncul di film ini.


Pokoknya akhirnya si Sid terselamatkan, tapi ternyata ancaman nyata bukan dateng dari ibu si telor Dino. Tetapi dari “Rudy” Dino laen yang lebih besar, kalo dilihat dari tampangnya, Rudy bisa dibilang termasuk Suchomimus **Muka buaya**. Rudy ini yang bikin si Buck matanya buta satu **Eh Gw blom cerita ya, kalo si Buck matanya buta satu?**. Pertarungan antara Buck dan Rudy yang berlangsung dulu bangat itu, nyebabin si Rudy kehilangan satu Gigi, yang dijadiin pedang ama Buck.


Rudy kalah, dengan terjatuh kelembah yang dalem bangat, Hal ini bikin Buck kehilangan tujuan hidup **Kan Tujuan hidupnya dia itu ngelawan musuhnya, yang cuma si rudy**. Satu lagi kisah persahabatan, sekelompok sahabat yang gila2 tadi itupun mengajak si Buck buat naek keluar dari lembah dino itu. Tapi diperjalanan keluar, terdengar suara eraman Rudy yang menandakan dia masih hidup. Darah Buck bergolak, niat keluar di tahannya dan dia kembali kelembah dino, dengan menghancurkan jalan masuk kedalam biar besok2 gak ada yg bisa ke lembah dino lagi.


Kelebihan-Kekurangan “Ice Age: Dawn of the Dinosaurs” (Menurut Gw aja)

Salut buat film ini, sebuah film komedi tapi penuh makna. Sebuah film komedi yang memadukan komedi situasi ama komedi berpikir. Buat para bocah yang males mikir, atau penmgetahuan yang blom banyak, disedian adegan-adegan lucu yang berdaasar kejadian **Komedi situasi**. Buat yang mo sedikit muter otak, or punya pengetahuan sedikit lebih, bakal nemuin lelucon lelucon lain yang tersembunyi.


Seperti waktu Buck nyelamatin Mannny ama diego yang di telen Bunga pemakan daging, dibuat kayak seorang polisi jaman sekarang yang lagi mo jinakin Bom, musti mutusin kabel merah or Biru. Atau saat Buck mo nyelamatin Sid, dengan naek pterodon, Suara burung2 itu berubah jadi suara Pesawat-pesawat tempur. Yang terkahir ini bikin Gw senyum-senyum aja, soalnya gak ada yg ketawa :(


Makna, Hikmah dan pelajaran (Yang Gw Terbit) dari “Ice Age: Dawn of the Dinosaurs”

Ok.. Ok.. mari sedikit kita inget-inget lagi filmnya (Kita? Lu kali gan, yang mulai lupa kan Lu doang). Ice Age kali ini secara garis besar Gw pahamin sebagai kisah yang menceritakan hubungan antara Keluarga, dan persahabatan. Adakalanya harus diambil pilihan antara memilih keluarga atau sahabat, pilihan sulit emang tapi ya... namanya juga film, ada aja jalan keluarnya **Andai dunia kayak gini ya**.


Terkadang persahabatan harus terkalahkan oleh urusan keluarga, Kayak waktu Ellie mau ngelahirin, si Manny gak ikut nyelamatin si Sid, karena musti nyelamatin si Elli yang lagi terancam oleh dino laen. Tentu aja hal ini setelah pertimbangan laen, karena ada Buck yang masih bisa nyelamatin si Sid. So.. itu bukan Keputusan singkat, kilat berdasar ingin doang.


Tapi terkadang keluargapun **Atau urusan/ego pribadi kalo Gw perluas** harus mengalah untuk persahabat. Kayak waktu si Elli milih ikut nyelamatin Sid, soalnya gak mungkin si Manny nyelamatin sendiri, atau Diego yang tiba2 juga ikut nyelamatin Sid. Padahal dia udah bilang mo balik ke kawanannya.


Kalo ngelihat Buck yang merasa kehilangan bangat waktu si Rudy jatuh. Gw jadi inget kata2 orang **Gw lupa sapa yang ngomong** "teman yang paling setia itu ya musuh sejati kita" (loh Kok?). Karena seorang musuh sejati, selalu mengawasi langkah kita, selalu memikirkan kita, selalu nasehatin kita (Pake hinaan, cercaan, dan laen2). Mungkin ini yang dirasain si Buck, kehilangan musuh yang juga temannya.


Apa lagi ya? Nonton aja sendiri ya :D. Kalo gak bisa dibioskop, Koleksi CD/DVDnya juga gak rugi kok.


Dah ah.. segitu aja dulu.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

13 komentar:

  1. mo nonton ah, ajakin si ----- *lirik2 dia yg masih sibuk kerja aja weekend kaya gini* huhuhu, jd curcol gue...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hmmm.. 5 garis, siapa tuh Nu namanya?
    Cie..cie.. meleleh juga akhirnya :))

    BalasHapus
  4. hoooiii,...sayang di kampungku gak ada bioskop hahaha,.....dasar planet aneh xixixi

    BalasHapus
  5. @Bongjun: hehehe Layar tancap aja Bong :p

    BalasHapus
  6. Heeeeeeeeeeem
    langsung gue skip ke bawah menuju komen
    gak mau baca resensinya :D
    ICe Age udh msk list mesti di tonton pake 3D
    mo bagus ato enggak (which is selalu bagus siy)

    kapan mo nonton bareng sama geu and Nunu?

    BalasHapus
  7. @Mba Eka:
    Kepanjangan ya?
    Biarain aja.. ini kan catetan saya, biar besok2 kalo baca ingin detailnya :p

    Hmm... Masa kopdar langsung nonton bareng?

    BalasHapus
  8. bole juga posting panjang nya Mas
    ...
    bakat penulis hebat


    salam blogging

    ilyas afsoh :)
    ....

    BalasHapus
  9. @Ilyas: hmm... Penulis Hebat? Aduh... ini sindiran yang sangat pas buat saya :(

    BalasHapus
  10. bukan karena kepanjangan di skip
    karena gue pengen nonton sendiri
    kalo udh baca resensinya nanti gue malah BT pas nontonnya :D

    dan sampe skr hiks
    gue malah belum sempet2 nonton juga
    aiiih sedihnya


    gpp kopdar sambil nonton :D abis nonton kan bisa ngupi2 :p

    BalasHapus
  11. @Mba Eka: Hehehe kirain kepanjangan..
    BTW kalo pun mo nonton bareng, jangan ice age ya :D

    BalasHapus
  12. Saya kembaliiiiii :D
    nah skr resensi lu gue baca bener2
    soalnya mo bandigin sama pendapat gue.

    Dengan bangga mau bilang : GUE UDH NONTON DUNK :D pake 3D pula ! Yihaaaaaaaa KEREEEN


    eh resensi lo lumayan mencerminkan pilemnya ;)
    emang humornya cerdas nih ;) merah? biru? hihihihi kocaaaak

    BalasHapus
  13. @Mba Eka:
    Hehehehe Selamat anda orang ke sejuta yang menonton film ice age **Bener gak ya ?

    Asyik... Brarti resensi saya gak terlalu salah Kan :D

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):