Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

08 Juli 2009

Saatnya tinggalkan Office Suite bajakan, mari beralih ke OpenOffice.Org. Ini Gratis dan Siap Pakai!!

Malam ini, sepulang nyontreng di rumah ortu, Gw sempet2in Ke Cilandak KKO, mo mampir ke Video Ezzy, mo minjem pilem maksudnya, tapi karna blom jadi member, so daftar dulu dong :D. Tapi terkejut dengan syaratnya yang butuh 2 fotocopy kartu identitas (Gila... sebegitu gak dipercayanya KTP Indonesia), ditambah ketus dan cueknya pelayanan si mba-mba penjaga, bikin Gw il-feel duluan.

Akhirnya, masuk mall buat beli majalah (Masuk mall kok cuma buat beli majalah). Sebuah majalah yang selalu Gw beli tiap bulannya (Kok Gak langganan aja?) hehehe sengaja, bagi2 rejeki ama pengecer (Halah alasan). Majalah Info Linux, yang walau terkadang isinya gak banyak yang menarik tapi selalu Gw beli buat update informasi seputar dunia Open Source. Gak seperti bulan2 biasanya, si pedagang ngasih Gw 2 buah majalah info linux yang kedua-duanya blom Gw punya (Ya iya lah... kan Baru Release).

Satu majalah Info Linux seperti yang biasa Gw beli, nah yang satu lagi ada embel2nya "Extra", ya... "Info Linux : Extra #1". Bingung, penasaran dan lagi punya duit, semua situasi itu memaksa Gw membeli kedua majalah seharga @45rb itu (Aduh...aduh... Mulai Gelap mata dah). Rasa penasaran yang sudah membara, membakar hati ini memaksa kaki **yang masih sakit, karena ototnya ketarik pas bangun pagi tadi** untuk melangkah secepat-cepatnya.

Sesampe di Kosan, Gw duduk2 diteras, buka tuh si "Extra" dan langsung ngebaca (Iya sampe gak sadar orang manggil n lewat depan muka). Sub Judul majalah itu sangat mencerminkan isinya, judulnya:
Info Linux Extra #1:
OpenOffice.org
Paket Aplikasi Office Lengkap
Gratis & Siap Pakai
sesuai sekali dengan isinya yang ngebahas paket office OpenOffice.org (Setelah ini Gw nyebutnya sebagai "OOo") sebagai pengganti Microsoft Office (Setelah ini Gw nyebutnya sebagai "MsO") beserta aplikasinya, tutorial singkat, tips n trik serta iklan2 yang bersangkut-paut dengan pelatihan/tutor OOo.

Saat ngebaca majalah "Extra" itu, sumpah Gw ngebayangin kalo Gw sebagai majalah Info linux yang lama, Gw jadi IRI. Majalah "Extra" itu make kertas yang bagus Buat Covernya, pake cetak timbul segala, semua kertas di dalemnya make kertas yang tebal n kaku padahalkan harganya sama2 45rb :( . Tapi ternyata majalah Extra itu cuma terbit 3 bulan sekali, jadi ngirinya ditunda dulu deh :D

Kembali ketopik, OOo sebuah Office Suite yang udah lama Gw pake **Walau dikantor blom ada rencana pada pindah ke Open Source** tampaknya sudah mulai digiatkan. Majalah Info Linux Extra yang rencananya dibuat untuk membahas sebuah aplikasi secara sekomplit-komplitnya itu memulai penerbitan pertamanya dengan ngebahas OOo mulai dari Instalasi sampai ke penggunaan normal, dan beberapa tips dan trik pemakaian.

Gw gak bilang kalo MsO kalah oleh OOo hingga harus diganti. MsO is The Best Office Suite dimata Gw, terutama One Note-nya itu loh... Cantik'e Rek... **Kalo Cewek dah Gw kawinin tuh**. Tapi sayang seribu sayang, MsO juga Office Suite Termahal. Kalo Gini Gw jadi inget Postingan pertama Gw waktu bikin blog pertama di Friendster **Gak usah Gw kasih linknya disini**. Gw selalu bilang, kalo windowsnya asli, ngapain dibabat trus make LINUX? kalo MsOnya asli ngapain diapus trus make OOo? kalo semuanya bajakan, baru deh... wajib di hapus **HUH masih penuh penyesalan dengan terinstall kembali CS:CZ bajakan di Laptop Gw**. By The Way, Any Way, Bus Way.. HALAH.. Gw cuma mo bilang dari pada make MsO bajakan, mending make OOo yang walau kalah cantik, tapi Halal.

Ternyata Gw baru bisa sampe sini doang ngasih sumbangsih ke Komunitas Open Source, cuma bisa ngajak2 doang, blom bisa bantu2 betulin Bug atau bikin program Open Source :(. Gw jadi malu... Oh, malunya hati ini... bila kuingat saat itu. Kami hanya saling berpandang dan terdiam terpaku.... (eh) Kok jadi nyanyi ya? udah ah... Pokoknya beli Info Linux Extra #1 dan jangan takut untuk berpindah ke OOo dari MsO Bajakan.


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

7 komentar:

  1. wah jadi kesindir nih.. gw masih MsO bajakan.

    BalasHapus
  2. saya pernah make open office,..lumayan power full kok bro,....mantap lanjutkan

    BalasHapus
  3. @Zefka aka Mas Eko: Cobain deh OOo mas...

    @Bongjun: Siap Bong... Lanjutkan **Kok masih kampanye sih?**

    BalasHapus
  4. Dulu pake OOo
    tapi repot
    kalo lupa atur save.annya trus dokumen dikirim ke org lain yg gak pake OOo
    dokumen gak bisa kebaca.

    Nah untung skr udh pake Microsoft yg asle
    amaaan dah :D

    BalasHapus
  5. Walah susah juga ya? Linux ta mengerti, yang asli mahal nya bukan main.. Bingung jadinya.

    BalasHapus
  6. @Mba Eka: saya malah jadi kebiasaan ngasih 3 format ke orang, *.odt, *.doc, sama *.pdf

    Gile... MsO-nya beli brapa mba? yang 2007? One Notenya ada? **Pengin Mode:On**

    @Daichi: Gak perlu pindah linux, OOo juga bisa di Windows.

    BalasHapus
  7. sayangnya ndak semudah itu beralih om. di kantor kerjaan dibikin secara sistem sama temen-temen yang jago komputer itu make perpaduan oracle, access, sama excel 2007, ndak ngerti bisa diadaptasikan ke OOo apa ndak, kalo pun bisa mungkin yang bikin sistemnya ndak mau.

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):