Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

19 Juli 2009

Stardict, Kamus On/Offline di Linux dan Windows..

Untuk memenuhi janji Gw ditulisan sebelumnya, tentang kata GENGSI. Sekarang Gw tulis program kamus Stardict. Stardict, sebuah program kamus dengan kode sumber terbuka (Open Source) dan memiliki banyak data kamus termasuk bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, Denmark, dan swedia (vice Versa) ini sudah menjadi program utama yang otomatis jalan di Laptop Gw. Gemana nggak, bahan bacaan Gw kan lebih banyak dalam Bahasa Inggris dan Gw gak jago bahasa Inggris (Lah wong Ebtanas SMA, bahasa Indonesia aja dapet 5).

Keunggulan dari program ini adalah **Selain Kode sumbernya terbuka** dapat secara otomatis menampilkan arti sebuah kata di yang kita tunjuk dengan pointer tetikus (Mouse), atau menunjukan arti kata yang di pilih (select) setelah kita menekan sebuah tombol jalan pintas (Shortcut). Data dikamusnya pun bisa kita tambah atau kurangi, perihal ini Gw blom pernah nyoba, tapi dah terbukti dengan penambahan Kamus Besar Berbahasa Indonesia Kedalam Stardict yang dilakuin sama steven. Selain itu, stardict juga bisa menampilkan Diagram hubungan antar kata, juga bisa ngomong loh (Maksudnya bisa baca kata yang dicari).

lalu dengan sebuah program yang sudah memiliki banyak fiture itu, kita masih mau menggunakan kamus2 bahasa Indonesia - bahasa Inggris bajakan? Pliss deh ah.. masa bajakan semua **Walau Gw pas nulis ini lagi dengerin lagu Jikusti-Dia Harus Tahu yang bajakan :ROFL:**

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

6 komentar:

  1. Yah... salam kenal sekarang aja.

    BalasHapus
  2. Salam kenal..
    Thx.. diperkenalan pertama aja.. saya sudah dapat ilmu nihh...

    BalasHapus
  3. sip,..thank's infonya brader... sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. wah ... infonya bagus nih, thanks, pasti ada juga bhs Indonesia - deutsch ya ? ^_^

    ebtanas bhs Indonesia dapat 5 ? maksudnya bhs Indonesia apa bhs Inggris ?

    BalasHapus
  5. @mba yanti:
    Duh.. bahaya nih kalo postingan selanjutnya gak ngasih ilmu, bisa di pentungin mba yanti :D

    @BongJun:
    sama2 mas

    @Mba Ely:
    Blom ada Indonesia - deutsch mba.
    Yang 5 itu Bahasa Indonesia mab, karena barengan ama ujian B. Inggris dan saya gak pinter Inggris (Her mulu) jadi musti ngorbanin B. Indonesia buat blajar B.Inggris seharian.

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):