Seuntai kata hati dan pikiran Gw:

Bukan karena cantik dia pantas dicintai, tapi karena cinta lah yang menjadikannya tampak cantik. @13/08

Tanya-tanya mbah Google

09 Agustus 2009

Orang mati lebih dihormati

Selalu, setiap nyekar, Gw ngeliat fenomena yg gak masuk akal, juga gak masuk iman. Jangan nunjuk kuburan, kasih salam dulu, jangan diinjek kuburannya... atau laennya.

Kenapa sebegitu hormatnya kita terhadap orang yg telah mati? apa kita juga menghormati yg masih hidup sebegitu sakralnya?

Ingin rasanya menginjak2 kuburan, atau bahkan meludahinya, agar mereka sadar itu hanya kuburan. karena esensi nyekar adalah agar kita mengingat kematian, bukan untuk menghormati yg telah mati.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

7 komentar:

  1. Jangan nunjuk kuburan, kasih salam dulu, jangan diinjek kuburannya

    Kalau dirimu sebagai manusia hidup diperlakukan kayak gitu mau ndak? Orang hidup aja ndak mau, apalagi orang mati?

    Menghormati itu bukan berarti kita boleh berbuat semena-mena.

    BalasHapus
  2. G.. tepatnya bukan lebih dihormati.. tapi tetap menghargai baik kepada yang sudah tiada. Bentuk menghargai banyak cara.. spt jg kita banyak cara menghargai yg masih diberi ijin Nya untuk berada di semesta ini.

    BalasHapus
  3. something wrong with you dude. ada masalah sama orang yang sudah dikubur itu ? gue setuju sama esensi nyekar adalah untuk mengingatkan kita tentang kematian, tapi tetap saja untuk orang yang sudah meninggal harus ada mannernya. bagaimana rasanya kalo itu kuburan orang yang lo sayangin yang diperlakukan semena2 kaya gitu ? masih pengen ludahin juga ?

    BalasHapus
  4. @All: dalam tulisan ini banyak hiperbolanya, jadi tolong hatinya juga di hiperbolkan :D maaf kalo tulisannya singkat, dan sedikit berapi-api (emosi kali ya lebih tepatnya), jadi banyak salah paham.. soalnya itu Gw tulis dari HP... Disaat Gw gak bisa matahin kepercayaan leluhur yang Gw pikir gak tepat.

    ANW. Point dari tulisan ini Gw buat: karena terkadang kita masih melihat pangkat, gelar, umur, kemolekan tubuh, kelengkapan jasmani atau lainnya untuk menghormati orang hidup. Kalo untuk menghormati orang mati kita gak pernah memikirkan itu.

    @Wijna: Setuju mas, kita emang gak boleh sewena-wena.. di agama juga ada sopan santun berziarah, tapi kalo sudah dibawa mistis.. lalu ditambah hal2 gak jelas yang gak berdasar, ini yg saya Gak setuju..

    @Mba lia: Setuju mba, tapi terkadang cara menghargainya itu yang saya pikir gak masuk akal juga gak masuk iman.

    @frozy: Ga ada apa-apa kok (Hampir Gw tulis mba :lol:)
    Gw bukan ngelakuin semena-mena kok, itu khiasan.. baca paragrafnya yang utuh dong :(

    BalasHapus
  5. Aduhhh ... postingan menyeramkan... kuburan hiiii...
    Kalo gw masih aja takut kalo ke kuburan mas... gak tau kenapa. ngebayangin muka orang yg mati aja gw masih merinding :)

    *)komen yg gak nyambung :)

    BalasHapus
  6. Postingan lu
    dalem, pendek and nonjok bgt !

    BalasHapus
  7. @mas eko: hehehe jangan dibayangin mas.

    @mba Eka: sakit mba?

    BalasHapus

Daftar Komentar Terbaru

Daftar Blog-Blog Gw

Blog Yg Biasa Gw Kunjungin (selain yg ada di side bar):